GRACIA SISKA DORA CINTA HUTABARAT, . (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (96kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (16kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (141kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dengan model pembelajaran Ekspositori terhadap hasil belajar gambar teknik mahasiwa Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik di Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan jenis eksperimen semu atau quasi experimental. Penelitian ini termasuk penelitian jenis eksperimen karena penelitian ini melibatkan dua kelompok mahasiswa yaitu kelompok yang akan dikenakan treatment dan kelompok tanpa treatment/kelompok kontrol yang selanjutnya akan digunakan sebagai kelas pembanding, Dengan sampel sebanyak 60 orang yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan ganda. Sebelum instrumen tes digunakan, instrumen ini telah diuji validitas dan reabilitas soal. Melalui validitas terdapat 57 soal yang valid dan digunakan sebagai bahan tes. Hasil dari tes tersebut dilakukan uji statistik menggunakan uji-t. Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai t_hitung = 2,151 yang ternyata lebih besar daripada nilai t_tabel = 2,001 untuk taraf signifikan (t_hitung > t_tabel). Hal ini berarti H_o ditolak dan H_1diterima , sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan perserta didik yang mengikuti model pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran gambar teknik. ********* This study aims to determine the effect and differences between the Student Teams Achievement Divisions learning model and the Expository learning model on the learning outcomes of technical drawing of Electrical Engineering Education students at the Faculty of Engineering at Jakarta State University. The method used in this study is an experimental research method with a quasi-experimental type. This study is an experimental type of research because this study involves two groups of students, namely a group that will be given treatment and a group without treatment/control group which will then be used as a comparison class, with a sample of 60 people divided into two classes, namely the experimental class and the control class. The instrument used is a multiple-choice test. Before the test instrument was used, this instrument was tested for the validity and reliability of the questions. Through validity, there are 57 valid questions and are used as test material. The results of the test were subjected to statistical tests using the t-test. Based on the calculations, the obtained t_calculated = 2.151, which is greater than the t_table = 2.001 at the significance level (t_calculated> t_table). This means that H_o is rejected and H_1accepted, so it can be concluded that there is a difference in learning outcomes between students who follow the Student Teams Achievement Divisions (STAD) cooperative learning model and students who follow the expository learning model in the technical drawing subject.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Soeprijanto, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Suyitno, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Evaluasi Pendidikan Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Gracia Siska Dora Cinta Hutabarat . |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 02:03 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 02:03 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59405 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |