MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS V-A SDN GUNTUR 01 JAKARTA SELATAN

ZAITUN, . (2025) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS V-A SDN GUNTUR 01 JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (993kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila melalui model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas V-A SDN Guntur 01 Jakarta Selatan. Penelitian ini dilakukan di SDN Guntur 01 Jakarta Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-A dengan jumlah siswa sebanyak 21 siswa. Penelitian ini dimulai sejak bulan Oktober 2024-Mei 2025. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model siklus penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan dengan melalui empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, dan refleksi. Teknik pengambilan data melalui hasil pemantauan tindakan, analisis kegiatan pembelajaran, serta pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi berupa foto yang diambil pada saat proses pembelajaran. Hasil kemampuan berpikir kritis yang diperoleh pada siklus I adalah 52%, siklus II adalah 76% dan pada siklus III adalah 86%. Adapun persentase data pemantau tindakan siklus I pada guru adalah 75% dan pada siswa adalah 65%, siklus II pada guru adalah 92% dan pada siswa adalah 76%, sementara pada siklus III pada guru adalah 100% dan pada siswa 100%. Dengan demikian pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah melalui model Problem Based Learning dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas V-A di SDN Guntur 01 Jakarta Selatan. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Kelas V-A SD ***** This Classroom Action Research aims to improve students' critical thinking skills in Pancasila Education learning through the Problem Based Learning (PBL) model in grade V-A students of SDN Guntur 01 South Jakarta. This research was conducted at SDN Guntur 01 South Jakarta. The subjects of this study were grade V-A students with a total of 21 students. This research started from October 2024-May 2025. This classroom action research was carried out using the research cycle model from Kemmis and Mc. Taggart. This research was conducted through four stages, namely action planning, action implementation and observation, and reflection. Data collection techniques through action monitoring results, analysis of learning activities, and data collection using documentation in the form of photos taken during the learning process. The results of critical thinking skills obtained in cycle I were 52%, cycle II was 76% and in cycle III was 86%. The percentage of monitoring data for cycle I actions on teachers is 75% and on students is 65%, cycle II on teachers is 92% and on students is 76%, while in cycle III on teachers is 100% and on students is 100%. Thus, learning Pancasila Education using the Problem Based Learning model can improve students' critical thinking skills. The implication of this study is that through the Problem Based Learning model in learning Pancasila Education can be used as an alternative to improve critical thinking skills in grade V-A students at SDN Guntur 01 South Jakarta. Keywords: Critical Thinking Skills, Problem Based Learning, Grade V-A Elementary School

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Linda Zakiah, M.Pd. ; 2) Prof. Dr. Yurniwati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Zaitun .
Date Deposited: 11 Aug 2025 02:31
Last Modified: 11 Aug 2025 02:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59579

Actions (login required)

View Item View Item