ANNISSA NUR ROHMA, . (2025) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN GO TO YOUR POST DIPADUKAN MEDIA KARTU PETA DI KELAS X-G SMAN 107 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (866kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (758kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah di kelas X-G SMAN 107 Jakarta melalui penerapan strategi pembelajaran Go To Your Post yang dipadukan dengan media kartu peta. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2024/2025 di kelas X-G SMAN 107 Jakarta dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang, selama tiga bulan sejak bulan April hingga Juni 2025. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui model Kurt Lewin, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan minat belajar Sejarah siswa. Dalam pra-tindakan ditemukan minat belajar Sejarah siswa berdasarkan indikator adalah 52,5% atau dalam kategori kurang minat. Setelah pelaksanaan Siklus I tingkat minat belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 60,5% atau dalam kategori cukup minat, hal tersebut diketahui karena terdapat beberapa siswa masih kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran, terkhusus pada pola post yang digunakan. Pada Siklus II terjadi peningkatan signifikan pada minat belajar Sejarah menjadi 91,1% atau dalam kategori sangat minat. Hal tersebut didasarkan dengan siswa yang telah memahami konsep kegiatan pembelajaran, siswa menikmati selama proses pembelajaran, dan adanya antusiasme serta keaktifan dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Go To Your Post dipadukan media kartu peta dapat meningkatkan minat belajar Sejarah siswa kelas X-G SMAN 107 Jakarta pada materi kerajaankerajaan Islam di Indonesia. ********** This study aims to enhance students’ interest in learning History in Class XG of SMAN 107 Jakarta through the implementation of the Go To Your Post learning strategy integrated with map card media. The research was conducted in the 2024/2025 academic year, involving 36 students over a period of three months from April to June 2025. The study employed a descriptive quantitative method using a Classroom Action Research (CAR) approach based on Kurt Lewin’s model, which was carried out in two cycles. Each cycle consisted of four stages: planning, action implementation, observation, and reflection. Data collection techniques included observation, questionnaires, and documentation. The findings indicate a notable increase in students’ interest in learning History. In the pre-action phase, the level of interest based on set indicators was 52.5%, categorized as low interest. After the implementation of Cycle I, students’ interest increased to 60.5%, classified as moderate interest; however, some students remained unfocused, particularly due to unfamiliarity with the structure of the "post" learning model. In Cycle II, a significant improvement was observed, with students’ interest reaching 91.1%, categorized as very high interest. This enhancement was attributed to students’ better understanding of the learning activities, enjoyment of the learning process, and increased enthusiasm and participation. Based on the data obtained, it can be concluded that the Go To Your Post learning strategy combined with map card media is effective in increasing students' interest in learning History in Class X-G of SMAN 107 Jakarta, particularly on the topic of Islamic kingdoms in Indonesia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Nur'aeni Marta, S.S., M.Hum. ; 2). Dr. Djunaidi, M.Hum. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Annissa Nur Rohma . |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 05:27 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 05:27 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59597 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |