PENGARUH PERMAINAN KARTU KATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPTIF BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI SMAN 6 JAKARTA SUBTOPIK ESSEN UND TRINKEN

ADINDA NOVA DHARMAWAN, . (2025) PENGARUH PERMAINAN KARTU KATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPTIF BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI SMAN 6 JAKARTA SUBTOPIK ESSEN UND TRINKEN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
File COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
File BAB 1.pdf

Download (341kB)
[img] Text
File BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text
File Daftar Pustaka.pdf

Download (212kB)
[img] Text
File Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan kartu kata terhadap keterampilan menulis teks deskriptif bahasa Jerman siswa kelas XI SMA Negeri 6 Jakarta subtopik Essen und Trinken. Pada penelitian ini digunakan metode penelitian kuantitatif dengan true experimental design pretest-posttest control group sebagai desain penelitian. Pada penelitian ini, seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Jakarta yang mengikuti kelas bahasa Jerman sebanyak tiga kelas dengan jumlah 108 adalah sebagai populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI.6 untuk kelas eksperimen dan kelas XI.5 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik pemilihan simple random sampling sebanyak 52 siswa. Dalam penelitian ini, tes digunakan sebagai teknik pengumpulan data dengan diberikannya pretest dan posttest terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil dari pretest dan posttest diuji sebagai data penelitian. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis Mann-Whitney U. Setelah data dikumpulkan, diperoleh rata-rata pretest untuk kelas eksperimen sebesar 75,90 dan untuk kelas kontrol sebesar 72,82. Sementara itu, rata-rata nilai posttest untuk kelas eksperimen sebesar 83,03, sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 71,12. Setelah itu, dilakukan uji hipotesis yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,005, nilai tersebut lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan dinyatakan bahwa terdapat pengaruh permainan kartu kata terhadap keterampilan menulis teks deskriptif bahasa Jerman siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Jakarta pada subtopik Essen und Trinken. ***** The objective of this study was to determine the effect of the word card game on the ability to write descriptive texts in German among 11th-grade students of SMA Negeri 6 Jakarta, specifically on the subtopic Essen und Trinken. This study employed a quantitative research method with a true experimental design using the pretest-posttest control group format. The population consisted of all 11th-grade students at SMA Negeri 6 Jakarta who were enrolled in German language classes, totaling three classes with 108 students. The sample comprised class XI.6 as the experimental group and class XI.5 as the control group, selected using a simple random sampling technique, with a total of 52 students. In this study, tests were used as the data collection technique, administered as pretests and posttests to both the experimental and control groups. The pretest and posttest results were analyzed as research data. Hypothesis testing was conducted using the Mann-Whitney U analysis technique. The collected data showed that the average pretest score for the experimental group was 75.90, while the control group scored 72.82. Meanwhile, the average posttest score for the experimental group was 83.03, compared to 71.12 for the control group. The hypothesis test results indicated a significance value of 0.005, which is smaller than the significance level of 0.05. Therefore, it can be concluded that the alternative hypothesis (Ha) is accepted, indicating that the word card game has a significant effect on the ability to write descriptive texts in German among 11th-grade students of SMA Negeri 6 Jakarta on the subtopic Essen und Trinken.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Santiah, M.Pd. ; 2). Fauzan Adhima, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Adinda Nova Dharmawan .
Date Deposited: 11 Aug 2025 06:24
Last Modified: 11 Aug 2025 06:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59656

Actions (login required)

View Item View Item