IHWAN, . (2025) Hubungan Kinerja Guru Geografi Dengan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Deep Learning di SMAN 45 dan SMAN 72 Kecamatan Kelapa Gading – Jakarta Utara. Magister thesis, Universitas Negeri Jakarta.
![]() |
Text
cover jadi tesis.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 1 tesis.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
BAB II tesis.pdf Restricted to Registered users only Download (552kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III tesis.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV tesis.pdf Restricted to Registered users only Download (893kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V tesis.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text
lampiran1_jadi tesis.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Ihwan, 1412821001, Hubungan Kinerja Guru Geografi Dengan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Deep Learning di SMAN 45 dan SMAN 72 Kecamatan Kelapa Gading – Jakarta Utara. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2025. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kinerja guru Geografi terhadap hasil belajar siswa melalui pendekatan model Deep Learning di SMAN 45 dan SMAN 72 Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Kinerja guru yang dinilai mencakup aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, penilaian, profesionalisme, komunikasi, hingga pemanfaatan teknologi serta pengembangan keterampilan abad 21. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan analisis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru Geografi dan Siswa yang ada di SMA Negeri 45 dan SMA Negeri 72 dengan sampel 2 guru Geografi dan 63 siswa yang berada di kelas XI. Data diperoleh melalui angket kinerja guru dan dokumentasi hasil belajar siswa dari tiga bentuk penilaian: UH 1, UTS, dan UAS. Hasil analisis menunjukkan bahwa Kinerja guru Geografi di SMA Negeri 45 dan SMA Negeri 72 Kecamatan Kelapa Gading secara umum berada dalam kategori baik, berdasarkan indikator yang mencakup perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, serta kompetensi kepribadian dan sosial, khususnya dalam mendorong pembelajaran yang mendalam (deep learning) melalui metode reflektif, kolaboratif, dan berbasis pemecahan masalah. Hasil belajar siswa, berdasarkan data nilai ulangan harian, UTS, dan UAS, menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memperoleh hasil belajar dalam kategori sedang hingga tinggi, walaupun terdapat sebagian kecil siswa yang masih berada di kategori rendah. Temuan ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang kuat antara kinerja guru dan hasil belajar siswa. Penggunaan Deep Learning, dapat membantu mengevaluasi kinerja guru secara lebih objektif dan mendalam. Kata kunci: Deep Learning, Geografi, Hasil Belajar, Kinerja Guru, SMA
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. Sucahyanto, M.Si. 2. Dr. Samadi, S.Pd., M.Si. |
Subjects: | Geografi, Antropologi > Geografi |
Divisions: | FIS > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Users 30114 not found. |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 08:11 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 08:11 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59718 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |