ANALISIS PREFERENSI NASABAH PADA PRODUK TABUNGAN EMAS PT PEGADAIAN

SITI NUR AZIZAH, . (2025) ANALISIS PREFERENSI NASABAH PADA PRODUK TABUNGAN EMAS PT PEGADAIAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover dan Table of Content_SITI NUR AZIZAH.pdf

Download (576kB)
[img] Text
BAB I_SITI NUR AZIZAH.pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB II_SITI NUR AZIZAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III_SITI NUR AZIZAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV_SITI NUR AZIZAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V_SITI NUR AZIZAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_SITI NUR AZIZAH.pdf

Download (235kB)
[img] Text
LAMPIRAN_SITI NUR AZIZAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menetukan preferensi nasabah pada produk Tabungan Emas PT Pegadaian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan metode conjoint analysis. Populasi yang digunakan adalah nasabah yang memilik rekening Tabungan Emas Pegadaian. Teknik sampling pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menjadi preferensi nasabah terhadap produk Tabungan Emas PT Pegadaian, berdasarkan nilai utilitas, meliputi level atribut deposito tabungan emas, gadai tabungan emas, keandalan, aplikasi pegadaian digital service, outlet pegadaian, biometrik, biaya administrasi, dan biaya cetak fisik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya layanan merupakan atribut yang paling tidak disukai responden, dengan nilai utilitas terendah. Temuan ini dapat menjadi masukan bagi PT Pegadaian untuk mengevaluasi kebijakan biaya layanan sebesar Rp2.500 per transaksi pada aplikasi digital, guna meningkatkan kepuasan nasabah. Kata kunci: Preferensi Konsumen, Tabungan Emas, Analisis Konjoin **** This study aims to identify the factors that determine customer preferences for PT Pegadaian's Gold Savings product. This study uses a quantitative approach with data analysis techniques using the conjoint analysis method. The population used is customers who have a Pegadaian Gold Savings account. The sampling technique in this study is purposive sampling with a sample size of 100 respondents. The results of the study indicate that the factors influencing customer preferences for PT Pegadaian's Gold Savings product, based on utility values, include the level of gold savings deposit attributes, gold savings pawn, reliability, Pegadaian digital service application, Pegadaian outlets, biometrics, administrative fees, and physical printing costs. The results of the study indicate that service fees are the attribute least preferred by respondents, with the lowest utility value. This finding can serve as input for PT Pegadaian to evaluate its service fee policy of Rp2,500 per transaction on the digital application, in order to enhance customer satisfaction. Keyword: Customer Preference, Gold Savings, Conjoint Analysis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Setyo Ferry Wibowo, SE., M.Si. ; 2). Meta Bara Berutu, SE., M.M.
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FE > D IV Pemasaran Digital
Depositing User: Siti Nur Azizah .
Date Deposited: 12 Aug 2025 02:07
Last Modified: 12 Aug 2025 02:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59728

Actions (login required)

View Item View Item