PERENCANAAN PELATIHAN PADA PROGRAM PELATIHAN DASAR CPNS DI DIREKTORAT PEMBELAJARAN KARAKTER DAN SOSIAL KULTURAL LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA REPUBLIK INDONESIA

HIKMAL AKBAR, . (2025) PERENCANAAN PELATIHAN PADA PROGRAM PELATIHAN DASAR CPNS DI DIREKTORAT PEMBELAJARAN KARAKTER DAN SOSIAL KULTURAL LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA REPUBLIK INDONESIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (736kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (358kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan pelatihan di Direktorat Pembelajaran Karakter dan Sosial Kultural Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, metode ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang menyeluruh dan faktual mengenai suatu fenomena atau peristiwa. Penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, studi dokumentasi, serta wawancara dengan Direktur, Widyaiswara Ahli Muda, dan Analis Kebijakan Ahli Muda, dan Analis Kebijakan Ahli Pertama. Penelitian dilakukan untuk mengetahui dan mendapatkan data empiris dari aspek analisis kebutuhan pelatihan, penyusunan program pelatihan, dan SDM dalam pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Analisis kebutuhan pelatihan di Ditjar KSK LAN RI mengkaji pada tiga tingkatan: Organisasi, Tugas, dan Individu. Analisis organisasi dilakukan dengan mencocokkan visi dan misi organisasi dengan pelaksanaan Latsar. Analisis tugas menyesuaikan kebutuhan kompetensi dengan tuntutan jabatan, terutama melalui PKT-BT di instansi asal. Analisis individu dilakukan dengan wawancara dan kueisoner bersamaan dengan evaluasi tugas. 2) Penyusunan program pelatihan di Ditjar KSK meliputi menyusun tujuan pelatihan, menyusun dan menentukan metode pelatihan, menyusun kurikulum pelatihan, melakukan evaluasi, dan pemilihan sarana & prasarana. 3) Sumber daya manusia dalam pelatihan di Ditjar KSK LAN RI terdiri dari pengelola SDM, Widyaiswara/Coach, dan peserta. Untuk menjadi Widyaiswara/coach Latsar CPNS harus memenuhi syarat sertifikasi pada agenda tertentu. Penentuan peserta dalam pelatihan dirancang secara strategis agar tercipta kelas yang heterogen dengan peserta yang berasal dari berbagai instansi. ***** This study aims to analyze the training planning at the Directorate of Character and Socio-Cultural Learning of the National Institute of Public Administration of the Republic of Indonesia. This approach uses a qualitative approach and a descriptive method; this method aims to provide a comprehensive and factual description of a phenomenon or event. This research collects data through observation, document study, and interviews with the Director, Junior Expert Widyaiswara, Junior Expert Policy Analyst, and First Expert Policy Analyst. The study was conducted to understand and obtain empirical data on the aspects of training needs analysis, training program design, and human resources in training. The results of the study show that: 1) Training needs analysis at the Directorate of Character and Socio-Cultural Learning (Ditjar KSK) of the National Institute of Public Administration (LAN RI) examines three levels: Organization, Task, and Individual. Organizational analysis is carried out by matching the organization's vision and mission with the implementation of Basic Training (Latsar). Task analysis adjusts competency needs with job demands, especially through PKT-BT in the originating agency. Individual analysis is conducted through interviews and questionnaires along with task evaluation. 2) The training program design at Ditjar KSK includes formulating training objectives, developing and determining training methods, designing the training curriculum, conducting evaluations, and selecting facilities and infrastructure. 3) Human resources in training at Ditjar KSK LAN RI consist of HR managers, Widyaiswara/Coaches, and participants. To become a Widyaiswara/coach of Latsar CPNS, one must meet certification requirements for certain agendas. The determination of participants in the training is strategically designed to create heterogeneous classes with participants from various institutions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dr. Matin, M.Pd. ; 2.) Dr. Desi Rahmawati, M.Pd.
Subjects: Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Hikmal Akbar .
Date Deposited: 11 Aug 2025 08:03
Last Modified: 11 Aug 2025 08:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59755

Actions (login required)

View Item View Item