NABILA PUTRI ASTUTI, . (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (918kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (375kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
Lampiran_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran matematika kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen, dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV sekolah dasar negeri yang berada di wilayah Kecamatan Pasar Rebo tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian ini adalah SDN Cijantung 02 Pagi yang terpilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berupa soal uraian yang dilengkapi dengan rubrik. Teknik analisis data dilakukan menggunakan uji-t berbantuan program SPSS 27. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar < 0,01, yang berarti kurang dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ditolak dan diterima, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran REACT memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran matematika kelas IV sekolah dasar. Hasil ini dapat dijadikan sebagai alternatif dalam tingkat pendidikan yang lebih luas. Kata Kunci: Berpikir Kritis Matematika, REACT, Peserta Didik Kelas IV SD ***** This study aims to determine the influence of the Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) learning model on students' critical thinking skills in grade IV mathematics learning in elementary school. This study uses an experimental quantitative method, with a pretest-posttest control group design. The population in this study is all grade IV students of public elementary schools in the Pasar Rebo District area for the 2024/2025 school year. The sample of this study is SDN Cijantung 02 Pagi which was selected using the cluster random sampling technique. Data collection was carried out using test instruments in the form of essay questions equipped with rubrics. The data analysis technique was carried out using a t-test assisted by the SPSS 27 program. The results of the hypothesis test showed a significance value of < 0,01, which means less than 0,05. This shows that it is rejected and accepted, it can be concluded that the use of the REACT learning model has a significant influence on students' critical thinking skills in elementary school grade IV mathematics learning. These results can be used as an alternative in a broader level of education. Keywords: Critical Thinking Mathematics, REACT, Grade IV Elementary School Students
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Prof. Dr. Iva Sarivah, M.Pd. ; 2) Prof. Dr. Ika Lestari, S.Pd., M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Nabila Putri Astuti . |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 06:48 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 06:48 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59856 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |