HIKMAH HUSWATUN, . (2025) HUBUNGAN IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK (STUDI KUANTITATIF KELAS XI SMAN 4 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (890kB) |
![]() |
Text
BAB 1..pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu keterampilan penting abad ke-21 yang harus dimiliki peserta didik dalam menghadapi dinamika global. Namun demikian, berbagai penelitian menunjukkan bahwa kemampuan ini masih tergolong rendah di kalangan siswa Indonesia. Pemerintah melalui Kurikulum Merdeka merespons tantangan tersebut dengan menerapkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai pendekatan pembelajaran berbasis proyek yang fokus pada penguatan karakter dan pengembangan kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara implementasi Projek P5 dengan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian dilakukan di SMAN 4 Jakarta dengan menggunakan pendekatan korelasional. Populasi penelitian mencakup siswa kelas XI sebanyak 210 siswa yang telah mengikuti P5 dengan sampel sebanyak 68 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan tes uraian terbuka. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa data kemampuan berpikir kreatif tidak terdistribusi normal, sehingga analisis hubungan harus menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif antara implementasi Projek P5 dengan kemampuan berpikir kreatif peserta didik sebesar 17,9%. Penelitian ini memberikan kesan bahwa P5 bisa menjadi salah satu langkah strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kreativitas peserta didik jika diimplementasikan secara optimal. Temuan ini juga memberikan masukan bagi sekolah dan guru dalam merancang pembelajaran berbasis proyek yang bermakna dan relevan dengan pengembangan soft skill peserta didik. Kata Kunci: Projek P5, Implementasi, Kreativitas, Berpikir Kreatif, Pelajar Pancasila ***** Creative thinking is one of the essential 21st-century skills that students must possess to face global dynamics. However, various studies indicate that this ability is still relatively low among Indonesian students. The government, through the Independent Curriculum (Kurikulum Merdeka), responded to this challenge by implementing the Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5), a project-based learning approach that focuses on character building and competency development. This study aims to determine the relationship between the implementation of the P5 Project and students' creative thinking skills. The study was conducted at SMAN 4 Jakarta using a correlational approach. The study population included 210 grade XI students who had participated in P5, with a sample of 68 students. Data collection was conducted using questionnaires and open-ended essay tests. The research results indicate that the creative thinking ability data were not normally distributed, requiring Spearman's correlation test to be used for relationship analysis. The results indicate a positive correlation of 17.9% between the implementation of the P5 Project and students' creative thinking abilities. This research suggests that P5 can be an effective learning strategy for enhancing student creativity if implemented optimally. These findings also provide input for schools and teachers in designing meaningful and relevant project-based learning for the development of students' soft skills. Keywords: P5 Project, Implementation, Creativity, Creative Thinking, Pancasila Students
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Etin Solihatin, M.Pd. ; 2). Dr. Yuyus Kardiman, M.Pd. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Hukum > Hak Asasi Manusia Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Hikmah Huswatun . |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 01:59 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 01:59 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59871 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |