ANALISIS ELECTRONIC WORD OF MOUTH PADA PRODUK HAUS!: STUDI KASUS KONTEN KOL @DEASTYKARTIKAA

RAIHANISA DARA DHINANTY, . (2025) ANALISIS ELECTRONIC WORD OF MOUTH PADA PRODUK HAUS!: STUDI KASUS KONTEN KOL @DEASTYKARTIKAA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (901kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sebaran dimensi electronic word of mouth (EWOM) serta topik pembahasan yang terbentuk pada masing-masing dimensi pada konten pemasaran salah satu produk Haus! Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode analisis konten dan analisis sentimen dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling terhadap 137 sampel. Sampel tersebut diambil dan dikumpulkan melalui kolom komentar pada salah satu konten pemasaran milik key opinion leader (KOL) yang mempromosikan produk Haus! Snack Tray pada media digital miliknya, yakni Instagram. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan perangkat lunak NVivo 12 Pro untuk mengelompokkan komentar tersebut ke dalam tiga dimensi dan juga tiga sentimen yang ada. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa sebaran dari dimensi EWOM, meliputi content, intensity, dan valence of opini, didominasi oleh dimensi content. Sementara itu pada bagian analisis sentimen menunjukkan bahwa ulasan didominasi oleh sentimen negatif, diikuti oleh sentimen netral, dan paling sedikit adalah sentimen positif. Temuan ini dapat memberikan wawasan bagi pelaku bisnis digital untuk lebih memperhatikan kualitas pada produk yang sudah ada serta kesesuaiannya dengan klaim yang disajikan secara daring melalui berbagai jenis pemasaran. Selain itu penting pula bagi pelaku bisnis digital untuk lebih memperhatikan isi ulasan pengguna pada pemasaran konten dan menangani persepsi negatif yang lebih dominan dalam konteks EWOM. **** This study aims to identify the distribution of electronic word of mouth (EWOM) dimensions and discussion topics formed in each dimension in the marketing content of one of the Haus! Indonesia products. This research uses a qualitative approach using content analysis and sentiment analysis methods with sampling using purposive sampling techniques on 137 samples. The samples were taken and collected through the comments column on one of the marketing content belonging to a key opinion leader (KOL) who promotes Haus! Snack Tray product on his digital media, namely Instagram. Data analysis was carried out using NVivo 12 Pro software to categorize the comments into three dimensions and also three sentiments. The results of this study show that the distribution of EWOM dimensions, including content, intensity, and valence of opinion, is dominated by the content dimension. Meanwhile, the sentiment analysis section shows that reviews are dominated by negative sentiment, followed by neutral sentiment, and the least is positive sentiment. These findings can provide insights for digital businesses to pay more attention to the quality of existing products and their suitability to the claims presented online through various types of marketing. It is also important for digital businesses to pay more attention to the content of user reviews in content marketing and deal with negative perceptions that are more dominant in the context of EWOM.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Agung Kresnamurti Rivai P., S.T., M.M. 2). Dewi Agustin Pratama Sari, S.E., M.S.M.
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FE > D IV Pemasaran Digital
Depositing User: Raihanisa Dara Dhinanty .
Date Deposited: 12 Aug 2025 03:11
Last Modified: 12 Aug 2025 03:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59877

Actions (login required)

View Item View Item