PRETTY METTA DEWI, . (2025) RINTISAN USAHA TORTA CAPRESE "PEACOTTA". Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (458kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (643kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (573kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (354kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang rintisan usaha Peacotta, berupa produk inovasi dari Torta Caprese yang merupakan kue khas Italia. Kacang tanah digunakan sebanyak 50% sebagai substitusi dari sebagian bubuk kacang almon yang merupakan bahan utama. Sehingga menciptakan produk dengan cita rasa khas dari kacang tanah dan menghasilkan produk dengan harga jual yang lebih ekonomis. Strategi pemasaran dilakukan secara online melalui media sosial Instagram, Whatsapp, Tiktok dan promosi secara langsung dengan metode word of mouth di lingkungan sekitar seperti teman, keluarga dan kerabat. Produksi dilakukan menggunakan sistem pre-order. Penjualan yang dilakukan selama 1 periode mencapai 144 pcs dengan harga jual per kemasan Rp 20.000 dengan kenaikan foodcost 55%, yang menghasilkan omzet Rp 2.880.000, laba bersih yang didapat sebesar Rp 967.973,76 atau 107,5% dari modal awal produksi senilai Rp 900.1. Penjualan menjangkau wilayah Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Barat dan Depok. Hasil perhitungan kepuasan konsumen dilakukan dengan metode perhitungan CSI (Customer Satisfaction Index) dengan diperoleh nilai persentase sebesar 92,8% yang berada pada skala kepuasan konsumen sangat kuat. Perhitungan kepuasan konsumen ini menunjukkan bahwa produk Peacotta dapat diterima konsumen dari segi cita rasa, tekstur, tampilan, kemasan, pelayanan dan harga. ***** This study discusses the startup business Peacotta, an innovative product of Torta Caprese, a traditional Italian cake. Used 50% substitution of peanut powder for almon powder, which is one of the main ingredients. The marketing strategy is carried out online through social media platforms such as Instagram, Whatsapp, Tiktok and direct promotion through word-of-mouth method among friends, family and relatives. Production is conducted using a pre-order system. Sales during one production period (one month) reached 144 pack, with a selling price of IDR 20.000 per package and a food cost increase of 55%, resulting in a total turnover of IDR 2.880.000 the net profit gained amounted to Rp 967,973.76, or 107,5% of the initial production capital of Rp 900.000. The distribution covered East Jakarta, Central Jakarta, West Jakarta, and Depok. Costumer satisfaction was measured using the Customer Satisfaction Index (CSI) method, which resulted in a 92,8% satisfaction score, falling into the category of very strong. The result indicates that the Peacotta product is well-accepted by customers in terms of taste, texture, appearance, packaging, service and price.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Guspri Devi Artanti, M.Si ; 2). Yeni Yulianti, M.Pd |
Subjects: | Tata Boga |
Divisions: | FT > D IV Seni Kuliner dan Pengelolaan Jasa Makanan |
Depositing User: | Users 30161 not found. |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 02:05 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 02:05 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59880 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |