Fara Aulya Putrianza, . (2025) GAMBARAN FORGIVENESS PADA MAHASISWI YANG PERNAH MENJADI KORBAN BULLYING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB1.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (751kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Bullying merupakan perilaku yang dilakukan individu kepada individu yang lain dengan tujuan untuk menyakiti dan dapat berdampak panjang pada korban, seperti luka psikologis yang akan berpengaruh pada kepercayaan diri, hubungan sosial, serta kegiatan akademik pada korban bullying. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses forgiveness pada mahasiswi yang pernah menjadi korban bullying serta hal apa saja yang dapat memengaruhi kemampuan korban dalam memaafkan pelaku bullying. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, dengan jumlah subjek pada penelitian ini yaitu 3 orang mahasisiwi berumur 18-25 tahun yang mengalami bullying pada masa sekolah atau awal perkuliahan. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dan observasi pada masing-masing subjek, serta significant others pada masing-masing subjek. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menggambarkan bahwa forgiveness merupakan proses yang dinamis dan personal, yang dapat ditunjukkan dalam tahapan emosional pada setiap subjek serta tindakan interpersonal seperti menjauh, membalas, atau menunjukkan bersikap baik terhadap pelaku. ***** Bullying is behavior carried out by individuals toward other individuals with the aim of causing harm and can have long-term effects on victims, such as psychological wounds that will affect self-confidence, social relationships, and academic activities of bullying victims. This study aims to describe the forgiveness process among female university students who have been victims of bullying and identify factors that influence their ability to forgive the bullies. The study employs a qualitative method with a phenomenological approach, involving three female university students aged 18–25 who experienced bullying during their school years or early university years. Data were collected through in-depth interviews and observations of each subject, as well as their significant others. Overall, the results of this study illustrate that forgiveness is a dynamic and personal process, which can be shown in the emotional stages of each subject as well as interpersonal actions such as distancing themselves, retaliating, or showing kindness towards the perpetrator.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Reny Rustyawati, M.A. ; 2). Adhissa Qonita, M.Psi., Psikolog |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa |
Divisions: | FPPsi > S1 Psikologi |
Depositing User: | Fara Aulya Putrianza . |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 01:31 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 01:31 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59947 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |