PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE TO PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN PONDOK KACANG BARAT

DEWI ASWATI, . (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE TO PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN PONDOK KACANG BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (603kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penilitian ini dilatarbelakangi oleh semakin pentingnya pembelajaran di abad 21 untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis yang dimiliki oleh peserta didik untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir secara kritis, rasional, dan peserta didik tidak mudah terpengaruh oleh pendapat orang lain dalam menanggapi isu kewarganegaraan. Salah satu model yang tepat dalam mencapai tujuan pembelajaran Pendidikan Pancasila yang dapat meningkatkan berpikir kritis siswa yaitu model pembelajaran Picture to Picture. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Picture to Picture terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design post-test only yang membagi sampel menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Pondok Kacang Barat 01 dengan sampel dipilih menggunakan teknik simple random sampling sebanyak 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan alat berupa tes uraian essay. Berdasarkan hasil perhitungan secara statistik menggunakan uji independent sample t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model Picture to Picture terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD pada muatan Pendidikan Pancasila. Hasil ini juga diperkuat dengan nilai rata-rata kelas yang menggunakan model Picture to Picture lebih tinggi yakni 84,75 daripada kelas kontrol yang menggunakan model Make a Match yaitu 70,50. Perbedaan skor tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran Picture to Picture lebih baik dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. ***** This research is motivated by the increasing importance of learning in the 21st century to develop the critical thinking skills of students, providing opportunities for them to think critically, rationally, and not easily influenced by the opinions of others in responding to citizenship issues. One appropriate model to achieve the learning objectives of Pancasila education that can enhance students' critical thinking is the Picture to Picture learning model. This study aims to determine the effect of the Picture to Picture learning model on students' critical thinking abilities. The research method used is a quasi-experiment with a non-equivalent control group design post-test only, which divides the sample into experiment and control classes. The research population is students of grade IV at SD Negeri Pondok Kacang Barat 01, with samples selected using simple random sampling technique totaling 40 students. Data collection was carried out using a tool in the form of essay tests. Based on the statistical calculations using the independent sample t-test, a significance value (2-tailed) of 0.00 was obtained, which is less than 0.05. This indicates that there is a significant effect from the use of the Picture to Picture model on the critical thinking skills of fourth-grade elementary school students in the Pancasila Education content. This finding is also supported by the average score of the class that used the Picture to Picture model, which is higher at 84.75 compared to the control class that used the Make a Match model, which is 70.50. The difference in scores proves that the Picture to Picture learning model is better in developing students' critical thinking skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd; 2). Anggit Aruwiyantoko, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dewi Aswati .
Date Deposited: 12 Aug 2025 02:12
Last Modified: 12 Aug 2025 02:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59987

Actions (login required)

View Item View Item