HAWA AINUR MAULIDA, . (2025) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP ETOS KERJA KARYAWAN GENERASI Z. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (479kB) |
![]() |
Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III METODOLOGI.pdf Restricted to Registered users only Download (642kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (638kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V KESIMPULAN, IMPLIKASI, DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (576kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi AKHLAK terhadap etos kerja karyawan generasi Z. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kuantitatif dengan pengambilan data menggunakan kuesioner. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah Multidimensional Work Ethic Profile-Short Form (MWEP-SF) dan The Denison Organizational Culture Survey-Short Form (DOCS-SF). Populasi pada penelitian ini adalah karyawan generasi Z. Sampel yang diambil pada penelitian ini adalah karyawan generasi (1995 – 2010) yang telah bekerja selama minimal satu (1) tahun di perusahaan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 145 responden. Penelitian ini dilakukan dengan uji regresi linear berganda untuk mendapatkan hasil pengaruh secara simultan dan parsial berdasarkan tiap dimensi dari Budaya Organisasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan, budaya organisasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap etos kerja dengan nilai pengaruh sebesar 42,3%. Hal ini mengartikan bahwa peningkatan budaya organisasi dapat meningkatkan etos kerja karyawan generasi Z. Disamping itu, secara parsial, dimensi budaya organisasi yang berpengaruh terhadap etos kerja adalah dimensi Involvement. Penelitian ini menguatkan teori etos kerja pada konteks karyawan generasi Z di daerah Jabodetabek yang menghasilkan bahwa etos kerja memang dimiliki oleh setiap orang, termasuk generasi Z, namun terdapat hasil yang beragam pada kategori tinggi rendah etos kerja yang dipengaruhi oleh budaya organisasi AKHLAK pada perusahaan-perusahaan BUMN. Hasil ini juga menjadi implikasi secara praktis untuk menginternalisasikan kembali nilai-nilai budaya organisasi perusahaan agar lebih optimal. ***** This study aims to determine the effect of AKHLAK organizational culture on the work ethic of generation Z employees. This research uses quantitative research type with data collection using questionnaires. The instruments used in this study are the Multidimensional Work Ethic Profile-Short Form (MWEP-SF) and The Denison Organizational Culture Survey-Short Form (DOCS-SF). The population in this study were generation Z employees. The samples taken in this study were generation employees (1995 - 2010) who had worked for at least one (1) year in State-Owned Enterprises or BUMN companies in the Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang and Bekasi areas. Sampling using purposive sampling technique with a total sample size of 145 respondents. This research was conducted with multiple linear regression tests to obtain simultaneous and partial influence results based on each dimension of Organizational Culture. The results of this study indicate that simultaneously, organizational culture has a significant and positive effect on work ethic with an influence value of 42.3%. This means that increasing organizational culture can increase the work ethic of generation Z employees. In addition, partially, the dimension of organizational culture that affects work ethic is the Involvement dimension. This study supports the theory of work ethic in the context of generation Z employees in the Jabodetabek area that highlights how work ethic is indeed owned by everyone, including generation Z, but there are mixed results in the high and low categories of work ethic influenced by AKHLAK organizational culture in BUMN companies. These results also have practical implications for reinternalizing the values of the company's organizational culture to be more effective.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Lupi Yudhaningrum, M.Psi., Psikolog ; 2). Adhissa Qonita, M.Psi., Psikolog |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa |
Divisions: | FPPsi > S1 Psikologi |
Depositing User: | Users 30424 not found. |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 03:58 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 04:00 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60089 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |