PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) MELALUI MODEL READ-ANSWER-DISCUSS-EXPLAIN-CREATE (RADEC) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN CIPINANG BESAR UTARA 08 PAGI

NAJWA KAMILA, . (2025) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) MELALUI MODEL READ-ANSWER-DISCUSS-EXPLAIN-CREATE (RADEC) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN CIPINANG BESAR UTARA 08 PAGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP (2)_compressed (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila melalui penerapan model Read-Answer-Discuss-Explain-Create (RADEC). Penelitian dilaksanakan di SDN Cipinang Besar Utara 08 Pagi dengan subjek peserta didik kelas IV C tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 25 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari 3 pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes keterampilan berpikir tingkat tinggi oleh peserta didik dan observasi oleh observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik, dari 64% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model RADEC dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas IV C SDN Cipinang Besar Utara 08 Pagi. Oleh karena itu, model RADEC dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. ***** This study aims to improve students’ Higher Order Thinking Skills in Civics Education through the implementation of the Read-Answer-Discuss-Explain-Create (RADEC) learning model. The research was conducted at SDN Cipinang Besar Utara 08 Pagi, involving 25 fourth-grade students from class IV C in the 2024/2025 academic year as research subjects. The type of this research is Classroom Action Research (PTK) based on the Kemmis and Mc. Taggart model, which was implemented in two cycles, each consisting of three meetings. Data collection was carried out through Higher Order Thinking Skills written tests by students and observations by observers. The results indicated an improvement in students' Higher Order Thinking Skills, from 64% in cycle I to 88% in cycle II. Based on these results, it can be concluded that the implementation of the RADEC learning model in Civics Education can improve the Higher Order Thinking Skills of fourth-grade students in Class IV C at SDN Cipinang Besar Utara 08 Pagi. Therefore, the RADEC model can be considered as an alternative learning strategy for teachers to improve students' Higher Order Thinking Skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Linda Zakiah, M.Pd.; 2). Yofita Sari, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Najwa Kamila .
Date Deposited: 13 Aug 2025 02:38
Last Modified: 13 Aug 2025 02:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60161

Actions (login required)

View Item View Item