ANNISA FITRI HAPSARI, . (2025) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DI KELURAHAN CAKUNG TIMUR, JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
FILE COVER_compressed.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
FILE BAB 1.pdf Download (316kB) |
![]() |
Text
FILE BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) |
![]() |
Text
FILE BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (606kB) |
![]() |
Text
FILE BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) |
![]() |
Text
FILE BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
![]() |
Text
FILE DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
FILE LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (73MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang dukungan orang tua dengan motivasi belajar kelas V di SD Negeri Kelurahan Cakung Timur, Jakarta Timur. Latar belakang penelitian didasarkan pada rendahnya keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak yang berdampak pada lemahnya motivasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan sampel sebanyak 120 siswa, dipilih melalui teknik simple random sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi siswa tentang dukungan orang tua dengan motivasi belajar. nilai koefisien korelasi Pearson sebesar 0,612 dan signifikansi 0,001 (< 0,05). Uji determinasi menunjukkan bahwa 37,4% motivasi belajar dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang dukungan orang tua, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi dukungan yang diberikan orang tua, semakin tinggi pula motivasi belajar siswa. **** This study aims to determine the relationship between parental support and the learning motivation of fifth-grade students at public elementary schools in Cakung Timur, East Jakarta. The background of the study is based on the low level of parental involvement in children's education, which affects students' learning motivation. The research method used is correlational quantitative, with a sample of 120 students selected using a simple random sampling technique. The results of data analysis show a significant positive relationship between parental support and learning motivation, with a Pearson correlation coefficient of 0.612 and a significance value of 0.001 (< 0.05). The coefficient of determination indicates that 37.4% of the variance in learning motivation is influenced by parental support, while the remaining percentage is influenced by other factors. These findings indicate that the higher the level of parental support, the higher the students’ learning motivation.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Susi Winarni, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Annisa Fitri Hapsari . |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 07:13 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 07:13 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60188 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |