PERBEDAAN TINGKAT CELEBRITY WORSHIP PADA PENGGEMAR K-POP, ANIME, DAN JKT48

RIZKIA PUTRI AMALIA, . (2025) PERBEDAAN TINGKAT CELEBRITY WORSHIP PADA PENGGEMAR K-POP, ANIME, DAN JKT48. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat celebrity worship pada penggemar K-Pop, anime, dan JKT48. Hal ini didasari oleh adanya labelling pada ketiga kelompok responden dengan sebutan fans fanatik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Celebrity Attitude Scale (2006) oleh Maltby et. al., dengan 34 item. Populasi penelitian ini adalah menjadi penggemar salah satu di antara K-Pop, anime, atau JKT48. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah quota sampling dengan masing-masing kelompok memiliki 70 partisipan di dalamnya, dan memiliki kriteria sebagai penggemar salah satu di antara K-Pop, anime, atau JKT48, dan menggunakan media sosial secara aktif. Hasil penelitian dari total sampel 210 responden menunjukkan bahwa tidak dapat perbedaan yang signifikan pada ketiga kelompok penggemar yaitu K-Pop, anime, dan JKT48. Namun, hasil uji perbandingan berdasarkan data demografi pendapatan dan pembelian merchandise, terdapat perbedaan yang signifikan di antara ketiga kelompok responden. ***** This study aims to determine the differences in the level of celebrity worship among K-Pop, anime, and JKT48 fans. This is based on the labeling of the third group of respondents as fanatic fans. This study uses a quantitative approach and data collection using a questionnaire. The instrument used in this study is the Celebrity Attitude Scale (2006) by Maltby et. al., with 34 items. The population of this study was fans of one of K-Pop, anime, or JKT48. The sampling technique used in this study was quota sampling with each group having 70 participants in it, and having the criteria as fans of one of K-Pop, anime, or JKT48, and actively using social media. The results of the study from a total of 210 respondents showed that there was no significant difference in the third group of fans, namely K-Pop, anime, and JKT48. However, the results of the comparison test based on demographic data on income and merchandise purchases, there were significant differences between the three groups of respondents.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Adhissa Qonita, M.Psi., Psikolog. 2. Sri Juwita Kusumawardhani, M.Psi., Psikolog.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Divisions: FPPsi > S1 Psikologi
Depositing User: Users 30520 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2025 01:19
Last Modified: 14 Aug 2025 01:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60302

Actions (login required)

View Item View Item