PENGARUH PARTISIPASI SISWA DALAM EKSTRAKULIKULER PRAMUKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL DAN KARAKTER DISIPLIN DI MTs MATHLA’UL ANWAR 2 KOTA BOGOR

IMAS NURSA'ADAH, . (2025) PENGARUH PARTISIPASI SISWA DALAM EKSTRAKULIKULER PRAMUKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL DAN KARAKTER DISIPLIN DI MTs MATHLA’UL ANWAR 2 KOTA BOGOR. Magister thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Cover.pdf

Download (813kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (393kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (347kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan fakta di lapangan adalah masih terdapat variasi yang signifikan dalam partisipasi siswa pada ekstrakulikuler Pramuka sebagai ekstrakulikuler wajib. Sebagian siswa terlibat aktif, namun sebagian lainnya pasif atau bahkan tidak mengikuti kegiatan sama sekali. Hal ini menjadi pertanyaan terkait apakah tingkat partisipasi dalam Pramuka bisa berkontribusi terhadap perkembangan karakter dan kemampuan siswa secara nyata. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa sistem aktualisasi pendidikan kepramukaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir spasial pada mata pelajaran Geografi, dan juga sejalan dengan penelitian yang menjelaskan bahwa ekstrakurikuler Pramuka berpengaruh secara simultan terhadap tingkat kedisiplinan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh tingkat partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakulikuler Pramuka di MTs Mathla’ul Anwar 2 Kota Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuantitatif deskriptif dengan persentase. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 120 Orang dengan jumlah 60 orang siswa aktif dan 60 orang siswa tidak aktif. Insrumen yang digunakan adalah soal tes, angket dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kategori partisipasi aktif yang tinggi mendapatkan nilai kemampuan berpikir spasial dan penilaian karakter disiplin yang termasuk dalam kategori sedang-sangat tinggi. Artinya bahwa tingkat pastisipasi ekstrakulikuler Pramuka memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir spasial dan karakter disiplin siswa. Kata Kunci: Disiplin, Partisipasi, Pramuka, Spasial. ***** Based on facts on the ground is Still there is significant variation in participation students in extracurricular activities scout as extracurricular activities mandatory. Some students involved active, but part other passive or even No follow activity The same once. This is become question related whether level participation in scout Can contribute to development character and abilities student in a way real. Research previously show that system actualization education scouting have significant influence to skills think spatial in the eye lesson Geography, and also in line with research that explains that extracurricular scout influential in a way simultaneous to level discipline students. Research This aim for analyze how influence level participation student in activity extracurricular activities Scouting at MTs Mathla'ul Anwar 2, Bogor City. The method used in study This is use quantitative descriptive with percentage. The sample used is as many as 120 people with total of 60 students active and 60 students No active. Instruments used is question tests, questionnaires and sheets observation. Research results show that student with category participation high activity get mark ability think spatial and assessment character disciplines that include in category medium - very high. This means that level participation extracurricular activities scout give influence to ability think spatial and character discipline student. Keywords: Discipline Participation, Scout, Spatial.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Samadi, S.Pd, M.Si. ; 2). Dr. Sucahyanto, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Imas Nursa'adah .
Date Deposited: 14 Aug 2025 01:44
Last Modified: 14 Aug 2025 01:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60355

Actions (login required)

View Item View Item