KRISTANTI, . (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI BERBASIS CONTENT AND LANGUAGE INTEGRATED LEARNING (CLIL) KELAS X. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (790kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (566kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (857kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (476kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar menulis puisi berbasis CLIL Kelas X. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan modell ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik kelas X SMAK PENABUR Kota Tangerang mengalami kesulitan dalam menentukan topik atau tema dan pemilihan kata dalam menulis puisi dan guru masih menggunakan bahan ajar yang disediakan oleh buku teks. Oleh karena itu, pengambangan bahan ajar ini krusial dan inovatif untuk menjawab permasalahan tersebut. Bahan ajar yang dikembangkan berbasis CLIL (Content and Language Integrated Learning) ini diharapkan mampu meningkatkan keterampilan menulis dan memperkaya pemahaman peserta didik terhadap budaya. Sebelum diimplementasikan, bahan ajar divalidasi oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli penyajian. Hasil validasi materi, bahasa, dan penyajian berada pada rata-rata 93,85% dengan kategori sangat layak digunakan. Selanjutnya, bahan ajar diimplementasikan pada peserta didik kelas X SMAK PENABUR Kota Tangerang. Hasil post-tes dan tahap dan tahap evaluasi, menunjukkan bahwa bahan ajar ini valid dan efektif dengan peningkatan signifikan pada keterampilan menulis puisi peserta didik, terutama dalam aspek penentuan tema dan penggunaan unsur-unsur pembangun dalam puisi. Selain itu, hasil wawancara dengan guru pada tahap evaluasi juga menunjukkan respons yang positif terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Dengan demikian, bahan ajar ini dinilai relevan dan layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran menulis puisi.*****This study aims to develop CLIL-based poetry writing teaching materials for grade X students. The method used is Research and Development (R&D) with the ADDIE model consisting of five stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The results of the needs analysis showed that most grade X students at SMAK PENABUR Kota Tangerang had difficulty in determining topics or themes and in choosing words when writing poetry. In addition, teachers still rely on teaching materials from textbooks. Therefore, the development of this teaching material is important and innovative to answer these problems. This CLIL (Content and Language Integrated Learning) based teaching material is expected to improve students’ writing skills while enriching their cultural understanding. Before being implemented, the teaching materials were validated by material experts, language experts, and display experts. The validation results showed an average score of 93.85%, which was categorized as very feasible to use. Furthermore, the teaching materials were implemented to grade X students at SMAK PENABUR Kota Tangerang. The post-test and evaluation stage showed that this teaching material was valid and effective, with a significant improvement in students’ poetry writing skills, especially in determining the theme and using the elements of poetry. In addition, the results of interviews with teachers at the evaluation stage showed a positive response to the teaching materials developed. Thus, this teaching material is declared feasible to use.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd. ; 2). Dr. Saifur Rohman, S.S., M.Hum. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Media Pembelajaran Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | FBS > S2 Pendidikan Bahasa |
Depositing User: | KRISTANTI |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 08:22 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 08:22 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60369 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |