INTENSITAS PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP INTERAKSI SOSIAL GURU DAN SISWA DI SMP NEGERI 2 BOJONGGEDE (Studi Kasus Guru dan Siswa Kelas 8 di SMP Negeri 2 Bojonggede)

ABDUROHMAN, . (2025) INTENSITAS PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP INTERAKSI SOSIAL GURU DAN SISWA DI SMP NEGERI 2 BOJONGGEDE (Studi Kasus Guru dan Siswa Kelas 8 di SMP Negeri 2 Bojonggede). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (960kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (237kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan intensitas penggunaan gawai terhadap interaksi guru dan siswa SMP Negeri 2 Bojonggede. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi pada penelitian ini merupakan guru-guru dan siswa-siswi di kelas 8 dengan sampel penelitian sebanyak 2 guru dan 44 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kategorisasi jenjang dari Saifuddin Azwar. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya intensitas yang tinggi dalam penggunaan gawai oleh guru dalam mencari materi pelajaran dan chatting ketika di sekolah. Sementara intensitas paling rendah dalam penggunaan gawai oleh guru untuk main games, jual beli, dan film ketika di sekolah. Hasil penelitian mengenai interaksi sosial menunjukkan indikator saling pengertian dari guru kepada siswa menjadi yang paling tinggi. Sementara indikator keterbukaan dari guru kepada siswa menjadi yang paling rendah. Kata Kunci : Intensitas Penggunaan Gawai, Interaksi Sosial, Guru, Siswa ***** This study aims to describe the intensity of gadget use in relation to the interaction between teachers and students at SMP Negeri 2 Bojonggede. The research method used is descriptive with a quantitative approach. The sampling technique employed is purposive sampling. The population of this study consists of 8th-grade teachers and students, with a research sample of 2 teachers and 44 students. Data collection techniques used in this study include questionnaires, observation, and documentation. The data analysis technique applies the categorization levels by Saifuddin Azwar. The results of the study indicate a high intensity of gadget use by teachers for searching teaching materials and chatting while at school. Meanwhile, the lowest intensity of gadget use by teachers at school is for playing games, online shopping, and watching movies. The findings related to social interaction show that the highest indicator is mutual understanding from teachers toward students. In contrast, the lowest indicator is openness from teachers toward students. Keywords : Gadget Usage Intensity, Social Interaction, Teacher, Student

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Dian Alfia Purwandari, M.Si. ; 2). Saipiatuddin, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Abdurohman .
Date Deposited: 13 Aug 2025 02:36
Last Modified: 13 Aug 2025 02:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60407

Actions (login required)

View Item View Item