SALMA AZZAHRA, . (2025) ANALISIS WACANA KRITIS KONTEN DAKWAH AKUN INSTAGRAM @BENERBARENG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (723kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (670kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (403kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (828kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana wacana konten dakwah pada akun Instagram @benerbareng menggunakan teori analisis wacana Norman Fairclough, bagaimana pihak benerbareng mengkonstruk wacana dakwah hingga dapat diterima dengan baik serta dapat mempengaruhi audiens. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yaitu menggunakan beberapa metode seperti observasi dan wawancara kepada pihak sumber data utama yaitu Founder akun Instagram @benerbareng dan juga audiens Instagram @benerbareng lalu data yang terkumpul dianalisis menggunakan teori analisis wacana kritis model Norman Fairclough yaitu analisis pada dimensi teks, praktik diskursif dan praktik sosialkultural. Temuan dari penelitian ini adalah pertama, teks wacana konten dakwah pada akun Instagram @benerbareng berkaitan dengan Life skill yang kemudian diturunkan melalui indikator-indikator sehingga menjadi narasi dalam konten dakwah yang dikemas dalam bentuk pengingat sampai pada ajakan dengan menggambarkan keadaan generasi muslim saat ini. Kedua, praktik diskursif konten dakwah pada postingan @benerbareng dimulai dengan pembuatan konten dakwah dengan proses yang terstruktur untuk kemudian disebarkan melalui aplikasi Instagram hingga diterima oleh audiens yaitu generasi muslim usia produktif. Terakhir, praktik sosiokultural konten dakwah di postingan akun Instagram @benerbareng berangkat dari algoritma Instagram, visi misi serta program di akun tersebut, dan juga sebagai cerminan realitas keadaan seperti rendahnya life skill serta adanya stigma atau standar sosial di masyarakat, maka dari itu akun Instagram @benerbareng memposisikan sebagai rumah life skill dengan menyajikan konten dakwah berkaitan dengan life skill yang dilandasi oleh nilai-nilai Islam dengan tujuan merangkul dan mengajak masyarakat agar senantiasa berada pada jalan kebaikan.***** This study aims to determine how the discourse of da'wah content on the Instagram account @benerbareng uses Norman Fairclough's discourse analysis theory, how the benerbareng constructs da'wah discourse so that it can be well received and can influence the audience. The research method used in this study is a descriptive qualitative method. The data collection method uses several methods such as observation and interviews with the main data source, Founder of the Instagram account @benerbareng and also the Instagram audience @benerbareng, then the collected data is analyzed using Norman Fairclough's critical discourse analysis theory, namely analysis of the dimensions of text, discursive practice and socio-cultural practice. The findings of this study are first, the text of the discourse of da'wah content on the Instagram account @benerbareng is related to Life skills which are then derived through indicators so that they become narratives in da'wah content which are packaged in the form of reminders to invitations by reflecting the identity of the current Muslim generation. Second, the discursive practice of da'wah content on the @benerbareng post begins with the creation of da'wah content with a structured process and then distributed through the Instagram application until it is well received by the audience, the Muslim generation. Last, the socio-cultural practice of da'wah content in the posts of the Instagram account @benerbareng is based on the Instagram algorithm, vision, mission and programs on the account, and also as a reflection of the reality of the situation such as low life skills and the existence of stigma or social standards in society, therefore the Instagram account @benerbareng positions itself as a home for life skills by presenting da'wah content related to life skills based on Islamic values with the aim of embracing and inviting society to always be on the path of goodness.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Mushlihin, S.Pd.I., MA. 2) Rudi Muhammad Barnansyah, M.Pd.I |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Salma Azzahra . |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 07:59 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 07:59 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60529 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |