PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NURUL IMAN JAKARTA

TARI AFRILLIA, . (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NURUL IMAN JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (731kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman peserta didik pada saat pembelajaran IPS berlangsung di SMP Nurul Iman Jakarta, hal ini dikarenakan guru pada saat memberikan mata pelajaran hanya berpusat pada pendekatan konvensional sehingga siswa terbiasa untuk menyerap penjelasan guru, tidak berusaha memperluas ilmu yang dimiliki. Hasil dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media mind mapping terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan metode kuantitatif dalam teknik Quasy Eksperimental dengan Nonequivalent Control Group desain. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan sampel kelas VIII E dan VIII F. Kedua sampel diberi posttest setelah diberikan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan media mind mapping pada kelas VIII F dan konvensional atau buku pada kelas VIII E. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda yang diberikan dalam bentuk posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada kelas eksperimen yang menggunakan media mind mapping dalam pembelajaran IPS, hal ini dibuktikan dari rata-rata posttestnya yang menghasilkan sebesar 77 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,005. Sementara pada kelas kontrol yang pembelajarannya menggunakan media buku, terlihat hasil belajarnya tidak mengalami kenaikan. Selain itu, hasil uji independent sample t-test pada posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0,194 > 0,05, yang berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas tersebut. Dengan demikian, penggunaan mind mapping terbukti memberikan peningkatan terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPS. Media ini mampu membantu siswa dalam memahami materi secara visual dan sistematis sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. ***** This research is motivated by the lack of understanding of students when learning social studies takes place at SMP Nurul Iman Jakarta, this is because the teacher when giving the subject only centres on a conventional approach so that students are accustomed to absorbing the teacher's explanation, not trying to expand their knowledge. The results of this study aim to determine the effect of using mind mapping media on student learning outcomes. The method used is quantitative method in Quasy Experimental technique with Nonequivalent Control Group design. The sampling technique in this study used purposive sampling with samples of class VIII E and VIII F. Both samples were given a posttest after being given treatment in the form of learning using mind mapping media in class VIII F and conventional or books in class VIII E. The instrument used in this study was a multiple choice test given in the form of a posttest. The results showed that there was an increase in the experimental class using mind mapping media in social studies learning, this was evidenced by the average posttest which resulted in 77 with a significance value of 0.000 <0,005. While in the control class whose learning used book media, it was seen that the learning outcomes did not increase. In addition, the results of the independent sample t-test on the posttest between the experimental and control classes showed a 2-tailed significance value of 0.194> 0.05, which means there is no significant difference between the two classes. Thus, the use of mind mapping is proven to provide an increase in student learning outcomes in social studies subjects. This media is able to assist students in understanding the material visually and systematically so as to improve learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Budiaman, M.Si. ; 2). Saipiatuddin, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Tari Afrillia .
Date Deposited: 14 Aug 2025 01:27
Last Modified: 14 Aug 2025 01:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60643

Actions (login required)

View Item View Item