PENINGKATAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF PADA SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR NEGERI RAMBUTAN 03 PAGI

AMELIA PUTRI PERTIWI, . (2025) PENINGKATAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF PADA SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR NEGERI RAMBUTAN 03 PAGI. Post-Doctoral thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (605kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan logis matematis siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Generatif pada materi luas dan keliling bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sampel penelitian sebanyak 29 siswa kelas VB dipilih secara purposive sesuai kebutuhan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes uraian yang disusun berdasarkan enam indikator kecerdasan logis matematis. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata skor tes dari 58 pada pra-siklus menjadi 68 pada Siklus I, 81 pada Siklus II, dan 85 pada Siklus III. Siswa menjadi lebih aktif berdiskusi, lebih percaya diri menggunakan rumus, serta lebih teliti dalam melakukan perhitungan. Mereka juga mampu mengenali pola dan menggunakan penalaran induktif serta deduktif secara lebih tepat. Kesimpulannya, Model Pembelajaran Generatif efektif dalam meningkatkan kecerdasan logis matematis siswa dan direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran Matematika di sekolah dasar. ***** This study aimed to enhance students' logical mathematical intelligence through the application of the Generative Learning Model in the topic of area and perimeter of plane figures. The research was a classroom action study conducted in three cycles consisting of planning, action, observation, and reflection. The sample comprised 29 students of grade 5B selected purposively. Data collection techniques included student activity observations and essay tests designed to measure six indicators of logical mathematical intelligence. Data were analyzed using descriptive qualitative and quantitative methods. The findings revealed an increase in average scores from 58 in the pre-cycle to 68 in Cycle 1, 81 in Cycle II, and 85 in Cycle III. Students became more engaged in discussions, better at connecting concepts, and more confident in solving mathematical problems. They also showed improved skills in pattern recognition, calculation, and logical reasoning. In conclusion, the Generative Learning Model is effective in developing students" logical mathematical intelligence and is recommended for mathematics instruction in elementary education.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Yurniwati, M.Pd.; 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Amelia Putri Pertiwi .
Date Deposited: 13 Aug 2025 07:07
Last Modified: 13 Aug 2025 07:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60740

Actions (login required)

View Item View Item