PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL PADA MAHASISWA

IKHLAS HAYKAL FADLI, . (2025) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL PADA MAHASISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap perilaku prososial pada mahasiswa. Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan teknik analisis regresi linear sederhana. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Jakarta berjumlah 143 mahasiswa aktif yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kecerdasan emosional yang diadaptasi dari Brief Emotional Intelligence Scale (BEIS-10) oleh Davies dkk., (2010) dan skala perilaku prososial yang diadaptasi dari Prosocial Tendencies Measure (PTM) oleh Carlo dan Randall (2002). Hasil analisis menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku prososial dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 dan nilai koefisien regresi sebesar 0.928. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional yang dimilikki mahasiswa, maka semakin tinggi pula kecenderungan untuk berperilaku prososial. Dengan demikian, hipotesis dalam penelitian ini diterima. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi pengembangan program pelatihan kecerdasan emosional guna meningkatkan perilaku prososial di lingkungan pendidikan tinggi. ***** This study aims to determine the effect of emotional intelligence on prosocial behavior among university students. The research employed a quantitative approach using a survey method and simple linear regression analysis technique. The sample consisted of 143 active students from Universitas Negeri Jakarta, selected through purposive sampling. The instruments used in this study were the Emotional Intelligence Scale adapted from the Brief Emotional Intelligence Scale (BEIS-10) by Davies et al. (2010) and the Prosocial Behavior Scale adapted from the Prosocial Tendencies Measure (PTM) by Carlo and Randall (2002). The analysis results showed that emotional intelligence had a positive and significant effect on prosocial behavior, with a significance value of 0.000 and a regression coefficient value of 0.928. This indicates that the higher the students' emotional intelligence, the greater their tendency to engage in prosocial behavior. Therefore, the hypothesis in this study is accepted. The results of this study are expected to serve as a basis for developing emotional intelligence training programs to enhance prosocial behavior in higher education environments.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Deasyanti, Ph.D ; 2). Dr. Rina Ayu Fadhallah, M.Si
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Divisions: FPPsi > S1 Psikologi
Depositing User: Ikhlas Haykal Fadli .
Date Deposited: 14 Aug 2025 01:55
Last Modified: 14 Aug 2025 01:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60830

Actions (login required)

View Item View Item