PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK ANTARA MODEL PEMBELAJARAN STAD DAN NHT DENGAN GAYA KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 59 JAKARTA

RANGGA PANJI KESWARA, . (2025) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK ANTARA MODEL PEMBELAJARAN STAD DAN NHT DENGAN GAYA KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 59 JAKARTA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (366kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB)
[img] Text
8. DAFTAR LAMPIRAN_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah terdapat perbedaan hasil belajar geografi melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan model Student Teams Achievement Division (STAD). (2) apakah terdapat perbedaan hasil belajar geografi antara peserta didik yang telah menggunakan model pembelajaran NHT dan memiliki gaya kognitif FI dengan peserta didik yang telah menggunakan model pembelajaran NHT dan memiliki gaya kognitif FD. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 59 Jakarta pada bulan Oktober 2024 – Juni 2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 59 Jakarta sebanyak 3 kelas yang terdiri dari kelas XI-4, XI5 dan XI-7 dengan jumlah 107 siswa, dan sampel yang digunakan adalah 72 siswa yang berada di kelas XI-5 dan XI-7 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes bentuk pilihan ganda untuk post-test dengan menggunakan google form dan untuk angket gaya kognitif juga dengan menggunakan google form. Berdasarkan analisis data dengan uji Mann-Whitney diperoleh p = 0,572 > 0,05 sehingga hipotesis H₀ yang berbunyi tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar antara kedua kelas diterima dan Ha yang berbunyi adanya perbedaan rata-rata hasil belajar antara kedua kelas ditolak. Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik antara hasil belajar siswa yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran NHT (XI-7) dan model STAD (XI 5), tetapi secara rata-rata hasil belajar yang menggunakan model NHT memperoleh nilai 88,15 sedangkan yang menggunakan model STAD memperoleh nilai 84. Selanjutnya, berdasarkan analisis data dengan uji Mann-Whitney diperoleh p = 0,951 > 0,05 sehingga perbedaan hasil belajar geografi antara siswa yang telah menggunakan model pembelajaran NHT dan memiliki gaya kognitif FI dengan siswa yang telah menggunakan model pembelajaran NHT dan memiliki gaya kognitif FD yaitu siswa dengan gaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD) juga tidak menunjukkan perbedaan hasil belajar yang signifikan. Tetapi, rata-rata nilai peserta didik yang memiliki gaya kognitif FI lebih tinggi yaitu 89 sedangkan peserta didik yang memiliki gaya kognitif FD yaitu 87. Masingmasing gaya kognitif memiliki keunggulan tersendiri yang bisa dioptimalkan dalam proses pembelajaran dan tergantung pada pendekatan pembelajaran yang digunakan. Kata kunci: Hasil Belajar, NHT, STAD dan Gaya Kognitif ***** This research is to examine: (1) was there any difference in geography learning outcomes between students taught using the Numbered Heads Together (NHT) model and those taught using the Student Teams Achievement Division (STAD) mode. (2) was there any difference in in geography learning outcomes between students with a Field Independent (FI) cognitive style and those with a Field Dependent (FD) cognitive style within the NHT model group. This research was done at Senior High School 59 Jakarta. from October 2024 - July 2025. The method used in this study is an experimental method with a post-test only control group design. The population included all student from Senior High School 59 Jakarta., specifically three class, class XI-4, XI-5, and XI-7, with a total of 107 students, and the sample used in this study was 72 students from classes XI-5 and XI-7, selected using purposive sampling techniques. The instruments used included multiplechoice post-tests via Google Forms, as well as cognitive style questionnaires given via Google Forms as well. Based on data analysis using the Mann-Whitney test, the result showed p = 0.572 > 0.05, so that the hypothesis H₀ which states that there is no difference in average learning outcomes between the two classes is accepted and Ha which states that there is a difference in average learning outcomes between the two classes is rejected. Indicating that the null hypothesis (Ho) is accepted and the alternative hypothesis (Ha) is rejected. It can be concluded that there was no significant statistical difference in students’ learning outcomes between those taught using the NHT model (XI-7) and those using the STAD model (XI-5). but on average the learning outcomes using the NHT model obtained a score of 88.15 while those using the STAD model obtained a score of 84. Furthermore, based on data analysis using the Mann-Whitney test, the result showed p = 0,951 > 0,05 so that analysis of Geography learning outcomes between students taught using the NHT model with Field Independent (FI) and Field Dependent (FD) cognitive styles indicated no statistically significant difference. However, the average score of students who have the FI cognitive style is higher, namely 89, while for students who have the FD cognitive style, it is 87. Each cognitive style has its own strengths that can be optimized in the learning process, depending on the instructional approach used. Keyword : Learning Outcomes,bNHT, STAD, and Cognitive Styles

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Muhammad Zid, M.Si. ; 2). Dr. Samadi, M.Si.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Rangga Panji Keswara .
Date Deposited: 14 Aug 2025 01:36
Last Modified: 14 Aug 2025 01:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60916

Actions (login required)

View Item View Item