GITA TIARA SHANDI, . (2025) PENGARUH PRETEND PLAY TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA DINI DALAM INTERAKSI SOSIAL DI TK DHARMA UTAMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (861kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (541kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (756kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
*****ABSTRAK***** Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Pretend Play terhadap keterampilan berbicara anak usia dini dalam interaksi sosial. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dengan menerapkan Pretest-Posttest Control Group Design. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas B1 dan B2 TK Dharma Utama Jakarta. Dalam desain ini terdapat dua kelas yang dijadikan sampel penelitian yakni kelas B1 sebagai kelas eksperimen dan kelas B2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pretest dan posttest melalui keterampilan berbicara anak pada kedua kelas. Berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas Shapiro-Wilk, diperoleh nilai signifikansi (Sig.) dari hasil pretest sebesar 0,228 dan posttest sebesar 0,715. Karena nilai signifikansi > 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil homogenitas Based on Mean menunjukkan hasil Sig. sebesar 0,339 > 0,05. Hasil perhitungan uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,005. Apabila merujuk pada tabel t, maka didapatkan t hitung sebesar 18,974 dengan df sebesar 9. Pada tabel T yang sesuai dengan nilai tersebut adalah 2,262. Oleh karena itu dapat diketahui bahwa t hitung lebih besar dari t tabel (18,974 > 2,262). Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Pretend Play terhadap keterampilan berbicara anak usia dini dalam interaksi sosial di TK Dharma Utama Jakarta. Kata kunci: pretend play, keterampilan berbicara, anak usia dini, interaksi sosial, pembelajaran TK.*****ABSTRACT***** This study aims to determine the influence of the Pretend Play method on early childhood speaking skills in social interactions. This research employed an experimental method with a True-Experimental Design using the Pretest-Posttest Control Group Design. The data sources in this study were students of classes B1 and B2 at Dharma Utama Kindergarten Jakarta. Class B1 was designated as the experimental group and class B2 as the control group. Data collection was carried out using pretests and posttests through the assessment of children's speaking skills in both classes. Based on the Shapiro-Wilk normality test, the significance (Sig.) value from the pretest was 0.228 and from the posttest was 0.715. Since the significance values were greater than 0.05, Ho was rejected and H1 was accepted. The homogeneity test Based on Mean showed a significance value of 0.339 > 0.05. The hypothesis testing results showed that the significance value (2-tailed) was 0.000 < 0.005. Referring to the t-table, the calculated t value was 18.974 with df = 9. The corresponding t-table value was 2.262. Since the calculated t value was greater than the t-table value (18.974 > 2.262), it can be concluded that there is a significant influence of using Pretend Play on early childhood speaking skills in social interaction at Dharma Utama Kindergarten, Jakarta. Keywords: pretend play, speaking skills, early childhood, social interaction, kindergarten learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd. ; 2). Dr. Reni Nur Eriyani, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Media Pembelajaran Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Gita Tiara Shandi . |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 04:26 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 04:26 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60947 |
Available Versions of this Item
-
PENGARUH PRETEND PLAY TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA DINI DALAM INTERAKSI SOSIAL DI TK DHARMA UTAMA. (deposited UNSPECIFIED)
- PENGARUH PRETEND PLAY TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA DINI DALAM INTERAKSI SOSIAL DI TK DHARMA UTAMA. (deposited 14 Aug 2025 04:26) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |