AZMIRAL AZIZ, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI ZAKAT MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENDUKUNG AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover Revisi.pdf Download (904kB) |
![]() |
Text
File BAB 1.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
File BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) | Request a copy |
![]() |
Text
File BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) | Request a copy |
![]() |
Text
File BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
File BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) | Request a copy |
![]() |
Text
File Daftar Pustaka.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
File Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi zakat menggunakan Articulate Storyline untuk mendukung aktivitas belajar siswa kelas VIII. Pengembangan media pembelajaran ini dilatar belakangi oleh kebutuhan akan inovasi dalam penyampaian materi zakat yang lebih menarik dan interaktif bagi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Validasi media pembelajaran dilakukan melalui penilaian tiga ahli yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran memperoleh persentase kelayakan dari ahli media sebesar 92,85% dengan kategori sangat baik, ahli materi sebesar 96,38% dengan kategori sangat baik, dan ahli bahasa sebesar 77,14% dengan kategori baik. Ketiga hasil validasi tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran layak untuk diimplementasikan. Implementasi media pembelajaran dilakukan kepada peserta didik dan pendidik kelas VIII. Hasil implementasi menunjukkan respon yang sangat positif, dimana peserta didik memberikan penilaian sebesar 93,68% yang termasuk dalam kategori sangat baik, dan pendidik memberikan penilaian sebesar 94,73% yang juga termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis web menggunakan Articulate Storyline efektif dalam mendukung aktivitas belajar siswa pada materi zakat. Media pembelajaran yang dikembangkan memiliki keunggulan dalam hal interaktivitas, kemudahan akses melalui web, dan penyajian materi yang menarik sehingga mampu meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi zakat. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan media pembelajaran yang inovatif dan efektif untuk mendukung proses pembelajaran di era digital. Kata Kunci: Media pembelajaran interaktif, Articulate Storyline, pembelajaran zakat, berbasis web ***** ABSTRACT This study aims to develop interactive web-based learning media on zakat material using Articulate Storyline to support the learning activities of class VIII students. The development of this learning media is motivated by the need for innovation in delivering zakat material that is more interesting and interactive for students. The research method used is Research and Development (R&D) with the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) development model. Validation of learning media is carried out through assessments by three experts, namely media experts, material experts, and language experts. The validation results show that the learning media obtained a percentage of eligibility from media experts of 92.85% with a very good category, material experts of 96.38% with a very good category, and language experts of 77.14% with a good category. The three validation results indicate that the learning media is feasible to be implemented. The implementation of learning media is carried out for students and educators in class VIII. The implementation results showed a very positive response, where students gave an assessment of 93.68% which is included in the very good category, and educators gave an assessment of 94.73% which is also included in the very good category. These results indicate that interactive web-based learning media using Articulate Storyline is effective in supporting student learning activities on zakat material. The learning media developed has advantages in terms of interactivity, ease of access via the web, and presentation of interesting materials so that it can increase student motivation and understanding of zakat material. This research is expected to contribute to the development of innovative and effective learning media to support the learning process in the digital era. Keywords: Interactive learning media, Articulate Storyline, zakat learning, web-based
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Andy Hadiyanto, M.A. 2). Dr. Khairil Ikhsan Siregar, L.C, M.A. |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 30966 not found. |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 06:37 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 03:31 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61089 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |