PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI DAN XII JURUSAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA SMK NEGERI 12 JAKARTA UTARA

DAMILAH APRILIA UTAMI, . (2025) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI DAN XII JURUSAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA SMK NEGERI 12 JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (672kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (371kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI dan XII jurusan akuntansi dan keuangan lembaga SMK Negeri 12 Jakarta Utara. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2025. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah siswa Kelas XI dan XII jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 12 Jakarta Utara yang berjumlah 144 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 104 siswa. Pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner dan uji penelitian menggunakan SPSS versi 25. Hasil menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, lingkungan keluarga tidak berpengaruh terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi, motivasi belajar dan lingkungan belajar memiliki pengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi secara simultan. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, Minat Melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.***** This study aims to determine the influence of learning motivation and family environment on interest in continuing education to higher education in grade XI and XII students majoring in accounting and finance at SMK Negeri 12 North Jakarta. This study was conducted in July 2025. The research method used was a survey. The accessible population in this study was 144 grade XI and XII students majoring in Accounting and Finance at SMK Negeri 12 North Jakarta. The sampling technique used proportionate random sampling, resulting in a sample of 104 students. Data collection was conducted by distributing questionnaires and conducting research tests using SPSS version 25. The results showed that learning motivation influenced interest in continuing education to higher education. Family environment had no effect on interest in continuing education to higher education. Both learning motivation and learning environment simultaneously influenced interest in continuing education to higher education. Keywords: Learning Motivation, Family Environment, Interest in Continuing Education to Higher Education

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Zulaihati, M.Si ; 2). Adam Zakaria, S.E., M.Si., Ph.D., Ak., CA., CFrA., QIA., CRP
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Damilah Aprilia Utami .
Date Deposited: 16 Aug 2025 07:59
Last Modified: 16 Aug 2025 07:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61321

Actions (login required)

View Item View Item