PENGARUH METODE FISHBONE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SMK MANDALA TIARA BANGSA

MOCHAMMAD AFI NUR RIZQI, . (2025) PENGARUH METODE FISHBONE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SMK MANDALA TIARA BANGSA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Lembar Cover .pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 .pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB 2 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (247kB)
[img] Text
Lampiran .pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode fishbone terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Mandala Tiara Bangsa Jakarta. Metode fishbone digunakan untuk membantu siswa menyusun struktur teks secara sistematis dan mengembangkan gagasan berdasarkan fenomena yang diamati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experiment tipe pre-test dan post-test one group. Instrumen yang digunakan berupa tes menulis teks eksplanasi yang dinilai berdasarkan struktur teks, kaidah kebahasaan, dan unsur-unsur kebahasaan lainnya. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa metode fishbone memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun teks eksplanasi secara logis dan runtut. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan strategi pembelajaran dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, khususnya dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa melalui metode visual dan analitis. Kata Kunci:: keterampilan menulis; teks eksplanasi; metode fishbone; pendidikan bahasa; strategi pembelajaran. ***** This study aims to investigate the effect of the fishbone method on the explanatory text writing skills of eleventh-grade students at SMK Mandala Tiara Bangsa Jakarta. The fishbone method was applied to help students structure texts systematically and develop ideas based on observed phenomena. This research employed a quantitative approach with a quasi-experimental design using a one-group pre-test and post-test model. The instrument used was a writing test assessed based on text structure, linguistic features, and other language elements. The findings of this study indicate that the fishbone method has a positive impact on enhancing students’ ability to compose explanatory texts logically and coherently. This study contributes to the development of instructional strategies in the field of Indonesian Language and Literature Education, particularly in improving students’ writing skills through visual and analytical learning methods. Keywords: writing skills; explanatory text; fishbone method; language education; instructional strategy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Prof. Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd. 2. Dr. Reni Nur Eriyani, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 30707 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2025 15:19
Last Modified: 18 Aug 2025 15:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61439

Actions (login required)

View Item View Item