TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA TERHADAP WASTRA NUSANTARA (Studi pada Mahasiswa Desain Mode UNJ)

FAHIRA KHAIRUNNISA, . (2025) TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA TERHADAP WASTRA NUSANTARA (Studi pada Mahasiswa Desain Mode UNJ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Bab 1.pdf

Download (311kB)
[img] Text
3. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
4. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text
5. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB) | Request a copy
[img] Text
6. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (322kB)
[img] Text
8. Lampiran + Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pengetahuan mahasiswa Program Studi Desain Mode Universitas Negeri Jakarta (UNJ) angkatan 2023 dan 2024 terhadap wastra Nusantara. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan sampel 102 mahasiswa yang diambil menggunakan teknik sampling kuota. Data dikumpulkan melalui kuesioner online berupa tes 50 soal (35 pilihan ganda dan 15 benar/salah) yang disusun berdasarkan empat ranah kognitif Taksonomi Bloom Revisi (Mengingat, Memahami, Mengaplikasikan, Menganalisis). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa secara keseluruhan, tingkat pengetahuan mahasiswa terhadap wastra Nusantara berada pada kategori Kurang, dengan 82,4% responden berada pada kategori ini. Pengetahuan terlemah ditemukan pada ranah kognitif Mengaplikasikan (C3) sebesar 36,9% dan sub-materi Ciri-Ciri Wastra sebesar 38,2%. Meskipun ranah Menganalisis (C4) menunjukkan persentase tertinggi (54,4%), hal ini perlu diinterpretasikan dengan hati-hati mengingat format soal Benar/Salah memiliki probabilitas tebakan benar yang lebih tinggi (50%) dibandingkan pilihan ganda (25%). Penelitian ini menggarisbawahi perlunya peningkatan intervensi kurikulum dan metode pembelajaran yang lebih efektif untuk membangun pemahaman wastra Nusantara yang lebih mendalam dan komprehensif. ***** This study aims to analyze the knowledge level of Design Mode students (class of 2023 and 2024) at Universitas Negeri Jakarta (UNJ) regarding Wastra Nusantara. The research employed a descriptive quantitative method, with a sample of 102 students selected using quota sampling. Data were collected via an online questionnaire consisting of 50 test questions (35 multiple-choice and 15 true/false) structured based on four revised Bloom's Taxonomy cognitive domains (Remembering, Understanding, Applying, Analyzing). Descriptive analysis revealed that, overall, students' knowledge level of Nusantara wastra was categorized as Poor, with 82.4% of respondents falling into this category. The weakest areas of knowledge were found in the Applying (C3) cognitive domain at 36.9% and the "Characteristics of Wastra" sub-material at 38.2%. Although the Analyzing (C4) domain showed the highest percentage (54.4%), this should be interpreted cautiously, as true/false questions have a higher probability of correct guessing (50%) compared to multiple-choice questions (25%). This study highlights the necessity for enhanced curriculum interventions and more effective teaching methods to foster a deeper and more comprehensive understanding of Wastra Nusantara.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dra. Suryawati, M.Si. ; 2. Dr. phil. Yeni Sesnawati, S.Pd., M.T.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 30176 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2025 01:21
Last Modified: 19 Aug 2025 01:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61546

Actions (login required)

View Item View Item