HUBUNGAN KEBIASAAN TILAWAH AL-QUR'AN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA NYARING TEKS BAHASA ARAB SISWI SMA ISLAM AL-HUSAINY

AISHA, . (2025) HUBUNGAN KEBIASAAN TILAWAH AL-QUR'AN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA NYARING TEKS BAHASA ARAB SISWI SMA ISLAM AL-HUSAINY. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover Skripsi Aisha.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I Skripsi Aisha.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II Skripsi Aisha.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III Skripsi Aisha.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV Skripsi Aisha.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V Skripsi Aisha.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka Skripsi Aisha.pdf

Download (807kB)
[img] Text
Lampiran Skripsi Aisha.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Belajar bahasa Arab dan Tilawah Al-Qur’an merupakan dua kegiatan yang saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan, terutama dalam konteks masyarakat Muslim seperti di Indonesia. Bahasa Arab tidak hanya dipelajari sebagai bahasa asing, tetapi juga menjadi kunci untuk memahami ajaran Islam secara mendalam melalui Al-Qur’an. Oleh karena itu, kebiasaan Tilawah Al-Qur’an diperkirakan memiliki pengaruh terhadap kemampuan membaca nyaring teks bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara kebiasaan Tilawah Al-Qur’an dengan Kemampuan Membaca Nyaring Teks Bahasa Arab pada siswi Sekolah Menengah Atas Islam Al-Husainy. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasional, dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswi dari keseluruhan populasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kebiasaan Tilawah Al-Qur’an dan tes membaca teks bahasa Arab. Data dianalisis menggunakan teknik korelasi Product Moment dengan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kebiasaan Tilawah Al-Qur’an dan Kemampuan Membaca Nyaring Teks Bahasa Arab, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,730. Nilai koefisien determinasi sebesar 53% menunjukkan bahwa lebih dari separuh variasi dalam kemahiran membaca dapat dijelaskan oleh kebiasaan Tilawah Al-Qur’an. Namun demikian, analisis per aspek kemampuan membaca nyaring menunjukkan bahwa beberapa aspek seperti syakl (ketelitian harakat) dan nabr (penekanan suara) masih tergolong lemah dan memerlukan perhatian khusus dalam proses pembelajaran. Hasil ini menunjukkan pentingnya integrasi antara pelatihan Tilawah Al-Qur’an dan pengembangan kemampuan membaca nyaring bahasa Arab dalam kurikulum pendidikan Islam. **** Learning Arabic and reading the Qur’an are two closely connected and overlapping activities, particularly within Muslim-majority contexts such as Indonesia. Arabic is not only studied as a foreign language but also serves as a fundamental means to understand Islamic teachings through the Qur’an. Therefore, it is assumed that the habit of Qur’an recitation may influence students’ Arabic reading proficiency. This study aims to investigate the correlation between the habit of reading the Qur’an and the proficiency in reading Arabic texts among female students at Al-Husainy Islamic Senior High School. The research employs a quantitative approach using a correlational research design. The sampling technique used is Simple Random Sampling, and the total sample consists of 30 female students. The instruments used in this study include a questionnaire measuring Qur’an reading habits and a reading test in Arabic. Data were analyzed using Product Moment correlation with the aid of SPSS version 25. The results indicate a significant positive correlation, with a correlation coefficient of 0.730. The coefficient of determination (53%) suggests that over half of the variation in Arabic reading proficiency can be explained by the habit of reading the Qur’an. However, detailed analysis of specific aspects of reading skills revealed that areas such as syakl (vowel precision) and nabr (stress or voice emphasis) remain weak and require special attention during instruction. These findings emphasize the importance of integrating Qur’anic reading practice into the development of Arabic reading proficiency in Islamic educational curricula.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Fatwa Arifah, M.A.Pd. 2). Dr. Puti Zulharby, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 27698 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2025 00:48
Last Modified: 22 Aug 2025 00:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61788

Actions (login required)

View Item View Item