PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LOOSE PARTS MENGENAL PROFESI UNTUK ANAK USIA DINI DI PAUD MELATI PUTIH

FARAH ULYA ABBAS, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LOOSE PARTS MENGENAL PROFESI UNTUK ANAK USIA DINI DI PAUD MELATI PUTIH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (868kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa loose parts dan mengetahui efektivitas penggunaannya pada siswa kelas B1 di PAUD Melati Putih. Media ini dirancang untuk membantu siswa mengenal berbagai profesi melalui kegiatan bermain yang menyenangkan dan interaktif. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model ADDIE, yakni 1) Analisis 2) Desain 3) Pengembangan 4) Implementasi dan 5) Evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Evaluasi dilakukan melalui expert review dan uji coba pengguna (field test). Tahap expert review melibatkan dua ahli, yaitu ahli materi dan ahli media untuk mengevaluasi kelayakan media dengan memperoleh nilai sebesar 3,44. Tahap field test melibatkan 9 siswa yang berusia 4-5 tahun dan menunjukkan hasil penilaian dengan kisaran nilai 3,22 hingga 3,67 dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran loose parts mengenal profesi layak dan efektif digunakan oleh untuk siswa usia 4-5 tahun. Media ini dapat menjadi alternatif pembelajaran yang konkret dan menarik bagi anak usia dini. Penelitian selanjutnya disarankan mengembangkan tema lain serta memperluas uji coba agar hasil penelitian lebih generalisasi. ***** This development research aims to produce an educational media product in the form of loose parts and to determine its effectiveness for B1 class students at PAUD Melati Putih. The media is designed to help children recognize various professions through fun and interactive play-based activities. The development process follows the ADDIE model, which includes: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, and 5) Evaluation. Data collection techniques used in this study include questionnaires and observation. The evaluation was conducted through expert review and user testing (field test). The expert review involved two experts, namely a content expert and a media expert, who assessed the feasibility of the media and gave it a score of 3.44. The field test involved 9 students aged 4-5 years and yielded scores ranging from 3.22 to 3.67, categorized as very good. Based on these results, the loose parts media on professions was declared feasible and effective for use with children aged 4-5 years. This media can serve as an alternative form of concrete and engaging learning for early childhood education. Future research is recommended to develop similar media with different themes and the expand testing to obtain more generalizable results.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Cecep Kustandi, M.Pd. ; 2). Dr. Khaerudin, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Farah Ulya Abbas .
Date Deposited: 25 Aug 2025 01:08
Last Modified: 25 Aug 2025 01:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61953

Actions (login required)

View Item View Item