MODEL INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS SOCRATIVE (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI SMP ISLAM PB SOEDIRMAN JAKARTA)

FARHANA ISTI AMALIA, . (2025) MODEL INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS SOCRATIVE (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI SMP ISLAM PB SOEDIRMAN JAKARTA). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (559kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (484kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Meskipun perkembangan teknologi di era Revolusi Industri 4.0 menawarkan potensi besar dalam pendidikan Bahasa Arab, metode evaluasi yang inovatif dan interaktif masih sangat terbatas, terutama di SMP Islam PB Soedirman Jakarta. Evaluasi yang ada cenderung manual, kurang bervariasi, tidak mampu mengukur kompetensi siswa secara komprehensif, dan gagal membangkitkan motivasi siswa, sehingga menimbulkan kebutuhan mendesak akan pengembangan model media evaluasi yang lebih efektif, interaktif, dan berbasis teknologi untuk meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjadi solusi terhadap minimnya keberagaman media evaluasi yang dialami siswa kelas VII SMP Islam PB Soedirman Jakarta dalam pelajaran Bahasa Arab. Dengan berlandaskan pada materi buku ajar, studi ini mengembangkan sebuah model media evaluasi interaktif menggunakan website Socrative, yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan efektivitas penilaian kemampuan Bahasa Arab siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan dengan 5 tahap, yaitu untuk mengetahui hasil analisis kebutuhan siswa kelas 7 SMP Islam PB Soedirman Jakarta, desain produk, pengembangan produk, implementasi produk, serta mengetahui evaluasi produk media evaluasi pembelajaran Bahasa Arab menggunakan website Socrative. Berdasarkan data penelitian yang diperoleh, peneliti dapat menyimpulkan bahwa hasil analisis kebutuhan siswa menunjukkan siswa ingin mencoba media evaluasi berbasis website yang lebih interaktif, siswa juga merasa lebih semangat belajar jika soal evaluasinya menggunakan media website. Hasil analisis kebutuhan terhadap 31 siswa menunjukkan bahwa 90,3% siswa ingin mencoba media evaluasi berbasis website/aplikasi yang lebih interaktif dan 100% siswa merasa lebih semangat belajar jika soal evaluasinya menggunakan media website/aplikasi. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan media evaluasi pembelajaran Bahasa arab berbasis website Socrative. Penilaian terhadap produk berdasarkan valudasi yang dilakukan oleh para ahli. Hasil penilaian ini mendapatkan kategori ‘Sangat Layak’ dengan presentasi 96% dari ahli materi dan mendapatkan kategori ‘Sangat Layak’ dengan presentase 84% dari ahli media. Serta mendapatkan kategori ‘Layak’ dengan presentase 76,77% dari hasil evaluasi uji coba, tanggapan siswa terhadap media. Dengan demikian, media Socrative yang telah peneliti kembangkan layak yntuk digunakan dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab. Kata Kunci: Media Evaluasi, Pembelajaran Bahasa Arab, Socrative. ***** Despite technological advancements in the era of the Industrial Revolution 4.0 offering significant potential in Arabic language education, innovative and interactive evaluation methods remain highly limited, particularly at SMP Islam PB Soedirman Jakarta. Current evaluations tend to be manual, lack variation, are unable to comprehensively measure student competency, and fail to stimulate student motivation, thereby creating an urgent need for the development of a more effective, interactive, and technology-based evaluation media model to enhance student participation and understanding. This research aims to provide a solution to the limited diversity of Arabic language evaluation media experienced by seventh-grade students at SMP Islam PB Soedirman Jakarta. Based on textbook material, this study develops an interactive evaluation media model using the Socrative website, which is expected to enhance student motivation and the effectiveness of assessing their Arabic language proficiency. The research method used in this study is Research and Development (R&D) utilizing the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). This research was conducted in five stages, aiming to determine the results of the needs analysis of seventh-grade students at SMP Islam PB Soedirman Jakarta, design the product, develop the product, implement it, and evaluate the Arabic language learning evaluation media product using the Socrative website. Based on the research data obtained, the researcher concludes that the results of the needs analysis indicate students' desire to try more interactive website-based evaluation media, and students also feel more enthusiastic about learning if the evaluation questions use website media. The needs analysis results from 31 students show that 90.3% of students want to try more interactive website/application-based evaluation media, and 100% of students feel more enthusiastic about learning if their evaluation questions use website/application media. Therefore, the development of Arabic language learning evaluation media based on the Socrative website is necessary. The product was assessed based on validation conducted by experts. The results of this assessment obtained an 'Very Eligible' category with a percentage of 96% from the material expert and an 'Very Eligible’ category with a percentage of 84% from the media expert. It also obtained a ‘Eligible’ category with a percentage of 76.77% from the trial evaluation results, reflecting student responses to the media. Thus, the Socrative media developed by the researcher is suitable for use in Arabic Language Learning Evaluation. Keywords: Evaluation Media, Arabic Language Learning, Socrative.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Raden Ahmad Barnabas, M.Pd. 2). Dr. Fatwa Arifah, M.A.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: FARHANA ISTI AMALIA .
Date Deposited: 25 Aug 2025 00:59
Last Modified: 25 Aug 2025 00:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61957

Actions (login required)

View Item View Item