MULAT RIZKY HANDAYANI, . (2025) PERSEPSI GURU PAUD TENTANG MANAJEMEN KELAS PADA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI (Penelitian Survei, di Kecamatan Koja, Jakarta Utara). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab 1 Pendahuluan..pdf Download (423kB) |
![]() |
Text
Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Registered users only Download (663kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 3 Metodologi Penelitian.pdf Restricted to Registered users only Download (758kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 4 Pembahasan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 5 Kesimpulan, Implikasi & Saran.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (520kB) |
![]() |
Text
Lampiran & Riwayat Hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Manajemen kelas dibangun atas pemahaman yang cukup mengenai pengelolaan kelas, dengan dimulai dari persepsi yang baik tentang mengelola kelas di pembelajaran anak usia dini yang memiliki kebutuhan dalam hal ruang gerak, kenyamanan, dan stimulasi visual. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai persepsi guru PAUD tentang manajemen kelas pada pembelajaran anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan teknik analisis data menggunakan perhitungan prosentase. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang dibagikan kepada 60 guru lembaga PAUD di Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Temuan data menunjukkan bahwa persepsi guru PAUD tentang manajemen kelas berada pada kategori “Baik” dengan peroleh persentase sebesar 83% atau 50 dari jumlah responden, sementara sisanya menunjukkan kategori “Cukup” sebesar 17% atau 10 dari jumlah responden. Berdasarkan proses persepsi tahap seleksi menunjukkan kategori “Baik” sebesar 58%; tahap interpretasi menunjukkan kategori “Baik” sebesar 60%; serta pada tahap reaksi menunjukkan kategori “Baik” sebesar 80%. Hasil data penelitian tersebut menggambarkan bahwa persepsi guru PAUD di wilayah Kecamatan Koja, Jakarta Utara sudah baik dalam menyaring informasi, memaknai dan merespon tentang manajemen kelas yang mencakup mengatur waktu belajar, merancang lingkungan fisik, serta memelihara perhatian dan keterlibatan anak secara individu maupun kelompok diberbagai aktivitas agar sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan anak usia dini. Hasil penelitian ini menunjukkan perlu adanya adanya keterlibatan pihak terkait, seperti dinas pendidikan, maupun pengelola lembaga PAUD untuk meningkatkan pengetahuan guru PAUD dalam manajemen kelas, melalui adanya buku panduan tentang manajemen kelas yang mudah diakses sampai dengan program pelatihan atau workshop berkelanjutan terkait manajemen kelas yang efektif. ***** Classroom management is built on a sufficient understanding of classroom management, starting with a good perception of managing classrooms in early childhood education, which requires space for movement, comfort, and visual stimulation. This study aims to obtain an overview of early childhood teachers' perceptions of classroom management in early childhood education. This is a survey study using percentage calculations for data analysis. Data collection techniques involved distributing questionnaires to 60 early childhood education teachers in Koja District, North Jakarta. The findings show that early childhood education teachers' perceptions of classroom management are in the “Good” category, with a percentage of 83% or 50 of the respondents, while the rest are in the “Fair” category, with a percentage of 17% or 10 of the respondents. Based on the perception process, the selection stage showed a “Good” category at 58%; the interpretation stage showed a ‘Good’ category at 60%; and the reaction stage showed a “Good” category at 80%. The results of the study indicate that early childhood teachers in the Koja subdistrict of North Jakarta have a good understanding of how to filter information, interpret it, and respond to it in terms of classroom management, including organizing learning time, designing the physical environment, and maintaining the attention and involvement of children individually and in groups in various activities in accordance with the needs and development of young children. The results of this study indicate the need for the involvement of relevant parties, such as the education office and early childhood education institution managers, to improve early childhood teachers' knowledge of classroom management through easily accessible classroom management guidebooks and ongoing training programs or workshops on effective classroom management.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1.) Dr. Sri Wulan, S.Pd., M.Si ; 2.) Dra. Winda Gunarti, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Mulat Rizky Handayani . |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 01:23 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 01:23 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61967 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |