MAFIE MUSQYLA, . (2025) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI KECAMATAN PESANGGRAHAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (709kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (394kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (643kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (796kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di SMP Negeri Wilayah Kecamatan Pesanggrahan. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, penyebaran angket yang menggunakan skala 5-1, dan juga studi dokumentasi terhadap modul projek serta dokumen pendukung lainnya. Analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan data yang telah diperoleh untuk melihat kesesuaian setiap tahapan implementasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam implementasi projek penguatan profil Pancasila pada kelima SMP Negeri di Kecamatan Pesanggrahan ini telah terlaksana dengan baik dari setiap tahapannya. (1) Pada tahap perencanaan, satuan pendidikan telah membentuk tim guru, menetapkan dimensi dan tema sesuai permasalahan, serta menyusun modul projek secara terstruktur. (2) Tahap pelaksanaan telah menunjukkan bahwa adanya keterlibatan aktif peserta didik melalui kolaborasi, diskusi kelompok, dan pemecahan masalah kontekstual dengan asesmen yang memadai. (3) Pada tahap pengolahan asesmen, penyusunan jurnal pendidik dan portofolio telah dilaksanakan meskipun masih diperlukan bimbingan lebih lanjut bagi peserta didik agar semakin mandiri. (4) Tahap evaluasi dan tindak lanjut, sebagian besar sekolah telah melaksanakan refleksi dengan melibatkan peserta didik serta memberikan masukan untuk perbaikan ke depan. Implikasi implementasi P5 yaitu peserta didik lebih terlibat dalam pembelajaran berkarakter, guru berperan sebagai fasilitator yang mendampingi secara aktif, dan satuan pendidikan perlu mendukung perencanaan hingga evaluasi agar penanaman nilai-nilai Pancasila berjalan berkelanjutan. ***** This research aims to describe the implementation of the Strengthening Pancasila Student Profile Project in the Merdeka Curriculum at public junior high schools in the Pesanggrahan District. This research used a descriptive quantitative method with data collection techniques such as observation, distributing questionnaires with a 5–1 scale, and studying project modules and other supporting documents. Analyzed by describing it to see how each stage of the implementation matched the plan. The results show that the implementation of the project in the five public junior high schools in Pesanggrahan District has been carried out well at each stage. (1) In the planning stage, schools formed teacher teams, decided on dimensions and themes according to problems in their area, and prepared structured project modules. (2) In the implementation stage, students were actively involved through collaboration, group discussions, and solving real problems with good assessments. (3) In the assessment stage, teachers’ journals and students’ portfolios were prepared, but students still need more guidance to become more independent. (4) In the evaluation and follow-up stage, most schools have done reflection activities with students and given feedback for improvement in the future. The implications of implementing P5 are that students are more actively involved in character-building learning, teachers act as facilitators who provide active guidance, and schools need to support planning through to evaluation to ensure the sustainable cultivation of Pancasila values.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Khaerudin, M.Pd. ; 2). Dr. Mita Septiani, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mafie Musqyla . |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 01:33 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 01:33 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61978 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |