PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF LITERASI FINANSIAL DALAM MATA PELAJARAN IPS UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VIII

AURA NADA SYIFA, . (2025) PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF LITERASI FINANSIAL DALAM MATA PELAJARAN IPS UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VIII. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (878kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (690kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (358kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran berupa video interaktif literasi finansial untuk membantu pemahaman belajar siswa. Sasaran utama penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Jakarta. Pengembangan ini menggunakan model Hannafin & Peck, yang meliputi tiga tahap: analisis kebutuhan, desain serta pengembangan dan implementasi, dengan evaluasi dan revisi pada setiap tahap. Produk yang dihasilkan berupa tiga video interaktif dengan materi: (1) memperoleh penghasilan, (2) mengelola anggaran dan utang, dan (3) menyisihkan penghasilan. Evaluasi formatif dlakukan melalui penilaian oleh ahli dan uji coba pengguna. Hasil penilaian menunjukkan perlunya beberapa perbaikan pada aspek materi, pembelajaran dan media. Nilai kelayakan produk yang diperoleh dari ahli materi adalah 3,90, dari ahli desain pembelajaran 3,76 dan dari ahli media 3,73 yang seluruhnya masuk dalam kategori sangat baik. Uji coba pengguna dilakukan secara one-to-one dengan tiga siswa dan small group dengan enam siswa, keduanya menujukkan respon positif. Hasil ini menunjukkan bahwa video interaktif layak digunakan sebagai media pendamping pembelajaran literasi finansial. Temuan ini mengimplikasikan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia dan interaktif dapat meningkatkan keterlibatan serta pemahaman siswa terhadap konsep finansial. Selain itu, hasil penelitian ini mendorong pemanfaatan media digital kontekstual di sekolah, mendukung integrasi literasi finansial sejak jenjang SMP, serta membuka peluang bagi penelitian lanjutan terkait dampak media terhadap hasil belajar secara kuantitatif. ***** This development aims to produce an interactive financial literacy video learning medium to help students' learning comprehension. The main target of this research is eighth-grade students at SMP Negeri 29 Jakarta. This development uses the Hannafin & Peck model, which includes three stages: needs analysis, design and development, and implementation, with evaluation and revision at each stage. The resulting product consists of three interactive videos with the following content: (1) earning income, (2) managing budgets and debt, and (3) saving income. Formative evaluation was conducted through expert assessment and user testing. The assessment results indicated the need for improvements in the content, learning, and media aspects. The product's feasibility score from the content expert was 3.90, from the learning design expert 3.76, and from the media expert 3.73, all of which fall into the ‘very good’ category. User testing was conducted one-on-one with three students and in a small group with six students, both of which showed positive responses. These results indicate that interactive videos are suitable for use as supplementary media for financial literacy learning. These findings imply that multimedia-based and interactive learning media can enhance student engagement and understanding of financial concepts. Additionally, the research results encourage the use of contextual digital media in schools, support the integration of financial literacy education from junior high school level onwards, and open opportunities for further research on the quantitative impact of media on learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Retno Widyaningrum, S.Kom., M.M. ; 2). Dr. Mita Septiani, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Keuangan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Aura Nada Syifa .
Date Deposited: 25 Aug 2025 01:41
Last Modified: 25 Aug 2025 01:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61980

Actions (login required)

View Item View Item