MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA DASAR MELALUI MEDIA CLIP THE PICTURES PADA SISWA HAMBATAN INTELEKTUAL DI SLB NEGERI 4 JAKARTA

AMALINA FATIMAH, . (2025) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA DASAR MELALUI MEDIA CLIP THE PICTURES PADA SISWA HAMBATAN INTELEKTUAL DI SLB NEGERI 4 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Amalina Fatimah_1102621056_Cover (2).pdf

Download (1MB)
[img] Text
Amalina Fatimah_1102621056_Bab I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
Amalina Fatimah_1102621056_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB) | Request a copy
[img] Text
Amalina Fatimah_1102621056_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text
Amalina Fatimah_1102621056_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB) | Request a copy
[img] Text
Amalina Fatimah_1102621056_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text
Amalina Fatimah_1102621056_Daftar Pustaka.pdf

Download (258kB)
[img] Text
Amalina Fatimah_1102621056_Lampiran dan Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna dasar merah, kuning, dan biru pada siswa hambatan intelektual kategori ringan kelas I SLB Negeri 4 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian sebanyak lima siswa. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes evaluasi setiap akhir siklus. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan mengenal warna dasar pada siswa, dengan peningkatan lebih dari 30 poin dari nilai kemampuan awal sebelum diberikan tindakan. Secara kualitatif, peningkatan kemampuan mengenal warna dasar pada siswa terlihat dari perubahan sikap dan perilaku siswa yang semula menbutuhkan banyak bimbingan dan kurang percaya diri menjadi lebih aktif berpartisipasi dalam pembelajaran dan mampu mengenali warna dengan mencakup aspek menyebutkan, menunjukkan, dan mengklasifikasikan warna dasar. Hal ini membuktikan bahwa media clip the pictures efektif digunakan sebagai alat bantu pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna pada siswa hambatan intelektual di kelas 1C. ***** This research aims to improve the ability to recognize the basic colors of red, yellow, and blue in students with intellectual disabilities in the light category of class I of the SLB Negeri 4 Jakarta. This research was carried out using the Classroom Action Research method with five research subjects. The implementation of the research was carried out in two cycles consisting of the planning stage, implementation of actions, observation and reflection with data collection techniques in the form of observation, field notes, documentation, and evaluation tests at the end of each cycle. The data analysis used in this research is quantitative and qualitative. The results of the research showed a significant increase in the ability to recognize basic colors in students with an increase of more than 30 points from the initial ability score before being given action. Qualitatively, the improvement in basic color recognition skills in students can be seen from changes in attitudes and behaviors of students who originally needed lot of guidance and were less confident to become more active in participating in learning and able to recognize colors by including aspects of mentioning, showing, and classifying basic colors. This proves that the media of clip the pictures is effectively used as learning tool to improve the ability to recognize colors in students with intellectual disabilities in class 1C.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Indina Tarjiah, M.Pd; 2). Dr. Irah Kasirah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Amalina Fatimah .
Date Deposited: 25 Aug 2025 07:15
Last Modified: 25 Aug 2025 07:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62034

Actions (login required)

View Item View Item