JIHAN AFIFAH MAGRISYA PELUPESSY, . (2025) IMPLEMENTASI METODE BERMAIN PERAN MODIFIKASI CASE BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KERAGAMAN BUDAYA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS III SDN CAWANG 04 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover Skripsi.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I Pendahuluan.pdf Download (827kB) |
![]() |
Text
Bab II Acuan Teoritik.pdf Restricted to Registered users only Download (956kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab III Metodologi Penelitian.pdf Restricted to Registered users only Download (999kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab IV Deskripsi, Analisis Data, Interprestasi Hasil, dan Pembahasan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V Kesimpulan, Implikasi, dan Saran.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (440kB) |
![]() |
Text
Lampiran Skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman keragaman budaya siswa kelas III-A SDN Cawang 04 Jakarta Timur dengan menerapkan metode bermain peran modifikasi Case Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Maret – Mei 2025 di semester genap tahun ajaran 2024/2025 dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari lima tahap: perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi, dan revisi rencana tindakan. Pemahaman keragaman budaya siswa diharapkan mencapai kriteria keberhasilan yang diharapkan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman keragaman budaya setelah menerapkan metode bermain peran modifikasi CBL, yang ditandai adanya peningkatan dari siklus I ke siklus III. Presentase pemahaman keragaman budaya pada siklus I sebesar 53%, meningkat menjadi 70% pada siklus II, dan mencapai 90% pada siklus III. Instrumen pemantauan tindakan guru menunjukkan adanya peningkatan dari 76% pada siklus I, meningkat menjadi 84% pada siklus II, dan mencapai 92% pada siklus III. Instrumen pemantauan tindakan siswa juga menunjukkan adanya peningkatan dari 69% pada siklus, meningkat menjadi 78% pada siklus II, dan mencapai 84% pada siklus III. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa metode Bermain Peran modifikasi Case Based Learning dapat menjadi solusi untuk meningkatkan pemahaman keragaman budaya pada siswa kelas III. ***** This study aimed to enhance the understanding of cultural diversity among third-grade students (class III-a) at SDN Cawang 04, East Jakarta, by implementing a modified Role Playing method with Case Based Learning. Conducted from March to May 2025 during the second semester of the 2024/2025 academic year, research employed the Kemmis and McTaggart Classroom Action Research (CAR) model in three cycles. Each cycle consisted of five stages; planning, action, observation, reflection, and revision of the action plan. The study’s findings indicate a significant increase in students understanding of cultural diversity after the implementation of the modified role playing method. The percentage of students cultural diversity understanding from 53% in cycle I to 70% in cycle II, and ultimately reached 90% in cycle III. Teacher action monitoring also showed an improvement, increasing form 76% in cycle I to 84% in cycle II, and reaching 92% in cycle III. Similary, student action monitoring increased from 69% in the first cycle to 78% in the II cycle, and 84% in the III cycle. The implications of this research that the modified Role Playing method Case Based Learning can be an effective solution to enhance cultural diversity understanding among third-grade students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Mahmud Yunus, S.Pd, M.Pd. ; 2) Yustia Suntari, S.Pd, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Jihan Afifah Magrisya Pelupessy . |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 01:08 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 01:08 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62175 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |