PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN IPS MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS HALU OLEO KENDARI

MUHAMAD ABAS, . (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN IPS MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS HALU OLEO KENDARI. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover disertasiku.pdf

Download (295kB)
[img] Text
Abstrakku.pdf

Download (214kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (152kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan.pdf

Download (887kB)
[img] Text
pernyataan publikasi (1).pdf

Download (410kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (192kB)
[img] Text
Daftar ISI.pdf

Download (217kB)
[img] Text
bab 1 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 2 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar pendidikan IPS. Dilaksanakan pada mahasiswa PGSD Universitas Halu Oleo Kendari, menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain treatment by level 2x2. Sampel penelitian terdiri dari 22 mahasiswa kelas eksperimen diajar model pembelajaran reciprocal dan 22 mahasiswa kelas kontrol diajar model pembelajaran langsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) hasil belajar mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran reciprocal lebih tinggi dari pada mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung. Temuan ini sejalan dengan penelitian, Sporer at all., (2013: 289-305); Aderonke (2013:1-20); dan Wu (2018:64-80), bahwa model pembelajaran reciprocal dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa secara aktif dalam pembelajaran serta meningkatkan pemahaman dan kemandiriannya dalam belajar. (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar pendidikan IPS. Hasil ini diperkuat oleh temuan penelitian Wuwung (2012:87-96); Wahid (2016:14-30); Mulyono, at. all., (2018:199-205), bahwa terdapat pengaruh interaksi antara model, strategi pembelajaran dan kecerdasan interpersonal, emosional dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar. (3) Mahasiswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi yang diajar dengan model pembelajaran reciprocal memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dari pada mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian Suharyanto (2018) bahwa kecerdasan interpersonal tinggi efektif dalam pembelajaran yang menempatkan peran aktif mahasiswa. Begitu juga dengan penelitian Yeng (2015:15-32) Vongkrahchang (2016:7-14) dan Yerizon (2018:97- 101) bahwa mahasiswa yang memiliki kecerdasan interpersonal kuat cenderung mampu beradaptasi dengan lingkungannya dan tidak mengalami kesulitan dalam memahami materi dengan model pembelajaran aktif. (4) mahasiswa yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah yang diajar dengan model pembelajaran reciprocal lebih rendah dari pada mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung namun tidak berbeda secara signifikan. Temuan ini sejalan dengan hasil penelitian Widyasari, F. (2016:288-298); dan Mulyono, at. all., (2018:199-205) bahwa mahasiswa yang memiliki kecerdasan interpersonal dan kemandirian belajar rendah memiliki hasil belajar yang lebih rendah dibandingkan model pembelajaran konvensional. Namun dari beberapa penelitian yang terkait tersebut, secara substansi penelitian ini berbeda baik dari segi topik maupun substansi penelitian. Kata kunci : model pembelajaran reciprocal, pembelajaran langsung, kecerdasan interpersonal, hasil belajar. This study aims to determine the effect of instructional models and interpersonal intelligence on social studies education learning outcomes. This research was conducted on PGSD students at Halu Oleo University Kendari, using quasiexperimental methods with a 2x2 level treatment design. The research sample consisted of 22 experimental class students taught by reciprocal instruction models and 22 control class students taught by direct instruction models. The results showed that (1) student learning outcomes using reciprocal instruction models were higher than students who were taught with direct instruction models. This is in line with the findings of this study, Sporer at all., (2013: 289-305); Aderonke (2013: 1-20); and Wu (2018: 64-80), that reciprocal instruction models can increase the active involvement of students in learning and increase their understanding and independence in learning. (2) there is an effect of interaction between instructional models and interpersonal intelligence on social studies education learning outcomes. The results of this study are strengthened by the findings of the Wuwung study (2012: 87-96); Wahid (2016: 14-30); Mulyono, at. all., (2018: 199-205), that there is an influence of interaction between models, learning strategies and interpersonal intelligence, emotional and social skills on learning outcomes. (3) Students who have high interpersonal intelligence who are taught with reciprocal instruction models have higher learning outcomes than students who are taught with direct instruction models. This is in line with the results of Suharyanto's research (2018) that high interpersonal intelligence is effective in learning that places students' active roles. Likewise with the research of Yeng (2015: 15-32) Vongkrahchang (2016: 7-14) and Yerizon (2018: 97-101) that students who have strong interpersonal intelligence tend to be able to adapt to their environment and have no difficulty in understanding material with active learning models. (4) students who have low interpersonal intelligence who are taught with reciprocal instruction models are lower than students who are taught with direct instruction models but are not significantly different. This finding is in line with the results of research Widyasari, F. (2016: 288- 298); and Mulyono, at. all., (2018: 199-205) that students who have low interpersonal intelligence and learning independence have lower learning outcomes than conventional learning models. But from a number of related studies, the substance of this research differs in terms of the topic and substance of the research. Keywords: reciprocal instruction models, direct instruction, interpersonal intelligence, learning outcomes.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Dr. Etin Solihatin, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Nadiroh, M.Pds
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Muhamad Abas .
Date Deposited: 15 Apr 2020 13:06
Last Modified: 15 Apr 2020 13:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6223

Actions (login required)

View Item View Item