MENINGKATKAN KETERAMPILAN READING ALOUD MELALUI METODE PHONICS PADA SISWA KELAS V SDN KENARI 07 JAKARTA PUSAT

PUTRI HARIANTI, . (2025) MENINGKATKAN KETERAMPILAN READING ALOUD MELALUI METODE PHONICS PADA SISWA KELAS V SDN KENARI 07 JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
File Cover.pdf

Download (929kB)
[img] Text
File BAB 1.pdf

Download (302kB)
[img] Text
File BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text
File Daftar Pustaka.pdf

Download (249kB)
[img] Text
File Lampiran (4)_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan reading aloud siswa kelas V SDN Kenari 07 Jakarta Pusat melalui penerapan metode phonics. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-A SDN Kenari 07 dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang siswa. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model siklus dari Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan catatan lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah tercapainya target yang sudah ditentukan oleh peneliti, yaitu 75% dari jumlah siswa kelas V-A mendapat skor > 70 dalam penilaian keterampilan reading aloud, adapun hasil persentase yang diperoleh pada siklus I sebesar 60,94% dengan kata lain 11 siswa dari 32mendapat skor > 70, sedangkan untuk siklus II memperoleh persentase sebesar 69,67% atau sama dengan 18 siswa dari 32 mendapat skor > 70, sedangkan, untuk siklus III memperoleh persentase sebesar 76,72% atau sama dengan 24 siswa dari 32 mendapat skor > 70. Untuk instrumen pemantau tindakan guru dan siswa yang diperoleh pada siklus I memperoleh persentase sebesar 70% dan 67,5%. Selanjutnya siklus II, skor aktivitas guru meningkat menjadi 80%, dan aktivitas siswa mencapai 77,5%. Sedangkan siklus III, skor aktivitas guru mencapai 91,66% serta aktivitas siswa sebesar 92,5%. Hasil data penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan metode phonics dapat meningkatkan reading aloud siswa kelas V-A SDN Kenari 07 Jakarta Pusat. ***** This classroom action research aims to improve the reading aloud skills of fifth-grade students at Kenari 07 Elementary School, Central Jakarta, through the application of the phonics method. The research was conducted at Kenari 07 Elementary School, Central Jakarta, during the second semester of the 2024/2025 academic year. The subject of this study was third grade of Kenari 07 Elementary School with a total of 32 students. This classroom action research used the cycle model from Kemmis and McTaggart, which consists of four stages: action planning, action implementation, action observation, and reflection. Data collection techniques used were documentation, observation, and field notes. The results of this study showed that the target set by the researcher was achieved, with 75% of the students in class V-A obtaining scores >70 in the reading aloud skills assessment. The percentage obtained in cycle I was 60.94%, meaning 11 out of 32 students scored >70. In cycle II, the percentage increased to 69.67%, with 18 out of 32 students scoring >70. In cycle III, the percentage reached 76.72%, or 24 out of 32 students scored >70. As for the monitoring instruments for teacher and student actions, the results in cycle I showed 70% for teacher activity and 67.5% for student activity. In cycle II, the teacher's activity score increased to 80%, and student activity reached 77.5%. In cycle III, the teacher's activity score reached 91.66%, and student activity was 92.5%. The research data indicate that the implementation of the phonics method can improve the reading aloud skills of third students of Kenari 07 Elementary School, Central Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nidya Chandra Muji Utami, M.Si; 2). Dr. Nina Nurhasanah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Putri Harianti .
Date Deposited: 03 Sep 2025 02:34
Last Modified: 03 Sep 2025 02:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62307

Actions (login required)

View Item View Item