SRI ARYATI, . (2025) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MELALUI MEDIA DIGITAL STORYTELLING DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas V SDN Pulogebang 01 Kecamatan Cakung kota Jakarta Timur). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (650kB) |
![]() |
Text
BAB 2 LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3 METODOLOGI.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4 TEMUAN PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5 PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (274kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan menulis merupakan kemampuan penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang membutuhkan latihan dan metode yang tepat agar siswa mampu mengekspresikan ide dan gagasannya secara tertulis. Namun, hasil observasi awal di SDN Pulogebang 01 menunjukkan rendahnya keterampilan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas V. Siswa kesulitan menuangkan ide dan menyusun tulisan yang runtut serta menarik. Kurangnya motivasi, pemahaman konsep sebab-akibat, dan minimnya pemanfaatan media pembelajaran menjadi faktor penyebab utama. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas V melalui media digital storytelling dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart, yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, dengan tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Pulogebang 01 Jakarta Timur. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes tulis, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada keterampilan menulis teks eksplanasi siswa di setiap siklusnya. Media digital storytelling terbukti mampu memvisualisasikan konsep- konsep abstrak, menstimulasi kreativitas siswa serta meningkatkan motivasi belajar secara menyeluruh. Pemanfaatan media digital storytelling terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas V. Media ini mempermudah pemahaman siswa terhadap struktur dan isi teks eksplanasi, serta meningkatkan keterlibatan dan antusiasme dalam proses pembelajaran. Disarankan penggunaan media digital storytelling menjadi alternatif strategi pembelajaran yang inovatif di era digital saat ini. Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Teks Eksplanasi, Digital Storytelling, ***** Writing skills are important skills in learning Indonesian that require practice and the right methods so that students are able to express their ideas and ideas in writing. However, the results of initial observations at SDN Pulogebang 01 showed low explanatory text writing skills in grade V students. Lack of motivation, understanding of the concept of cause and effect, and lack of use of learning media are the main contributing factors. This research aims to improve the explanatory text writing skills of grade V students through digital storytelling media in Indonesian learning. The method used is the Kemmis and McTaggart model Class Action Research (PTK), which consists of planning, action, observation, and reflection, with three cycles. The subject of the study is a grade V student of SDN Pulogebang 01 East Jakarta. Data collection techniques include observation, written tests, field notes, and documentation. The results of the study showed a significant increase in students' explanatory text writing skills in each cycle. Digital storytelling media has been proven to be able to visualize abstract concepts, stimulate students' creativity, and increase overall learning motivation. The use of digital storytelling media has proven to be effective in improving the explanatory text writing skills of grade V students. It is suggested that the use of digital storytelling media is an alternative to innovative learning strategies in the current digital era. Keywords: Writing Skills, Explanatory Texts, Digital Storytelling,
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Nidya Chandra Muji Utami M.Si 2). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | FIP > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Sri Aryati . |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 07:54 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 07:54 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62416 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |