AMANDA INDRA DEWI, . (2025) PENERAPAN PENDIDIKAN FINANSIAL PADA ANAK USIA DINI DI LEMBAGA PAUD (Studi Sistematik Literatur Review). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (894kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (357kB) |
![]() |
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (562kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan finansial pada anak usia dini merupakan fondasi penting dalam membentuk keterampilan mengelola keuangan sejak dini. Namun, penerapannya di lembaga PAUD masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara sistematis penerapan pendidikan finansial di lembaga PAUD Indonesia, dengan fokus pada materi yang diajarkan, media pembelajaran yang digunakan, dan peran guru dalam pelaksanaannya. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) terhadap 10 artikel ilmiah yang dipublikasikan dari tahun 2015 hingga 2025, yang diseleksi melalui kriteria PICOS dan penilaian kualitas. Hasil analisis menunjukkan materi yang diajarkan lebih banyak berfokus pada keterampilan praktis seperti menabung dan transaksi, sementara pemahaman konsep abstrak seperti membedakan kebutuhan dan keinginan masih kurang. Media pembelajaran yang digunakan cenderung bersifat konkret seperti uang mainan dan kegiatan market day, dengan minimnya pemanfaatan media digital. Peran guru tampak kuat dalam memfasilitasi pembelajaran dan menjalin kolaborasi dengan orang tua, tetapi masih lemah dalam hal evaluasi yang sistematis. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan pendidikan finansial di PAUD belum sepenuhnya optimal. **** Financial education in early childhood plays an essential role in developing children’s skills to manage financial from an early age. However, its implementation in early childhood education (PAUD) institutions in Indonesia remains less than optimal. This study aims to systematically review the implementation of financial education in PAUD, focusing on the learning materials, instructional media, and the role of teachers. The method used is a Systematic Literature Review (SLR) of 10 relevant journal articles published between 2015 to 2025, selected using PICOS criteria and quality assessment. The findings show that most learning materials emphasize practical skills such as saving and making simple transactions, while abstract concepts like distinguishing between needs and wants are rarely addressed. Learning media are mostly concrete, such as play money and market day activities, with limited use of digital tools. Teachers are actively involved as facilitators and collaborators with parents, but the evaluation of financial learning tends to be weak and unsystematic. Overall, financial education has been implemented in PAUD, but several gaps remain in content depth, media variety, and evaluation practices.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Nurjannah, SP., M.Pd. 2) Catur Wulandari, M.Pd. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Keuangan Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Amanda Indra Dewi |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 01:59 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 01:59 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62447 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |