MENINGKATKAN KOSAKATA BENDA MELALUI METODE LATIHAN (DRILL) MENGGUNAKAN MULTIMEDIA BERBASIS CANVA PADA PESERTA DIDIK DENGAN AUTISME KELAS III DI SLB C DIAN KUSUMA JAKARTA BARAT

LIA WULANDARI, . (2025) MENINGKATKAN KOSAKATA BENDA MELALUI METODE LATIHAN (DRILL) MENGGUNAKAN MULTIMEDIA BERBASIS CANVA PADA PESERTA DIDIK DENGAN AUTISME KELAS III DI SLB C DIAN KUSUMA JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kosakata benda melalui metode latihan (drill) menggunakan multimedia berbasis canva pada peserta didik dengan autisme kelas III di SLB C Dian Kusuma Jakarta Barat. Fokus penelitian ini adalah peningkatan kemampuan membaca kata, melafalkan kata, menjodohkan kata, menuliskan kata, dan menggunakan kata dalam kalimat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan McTaggart yang melibatkan empat komponen utama dalam satu siklus yang berkesinambungan, yaitu: 1) Perencanaan; 2) Tindakan; 3) Observasi; dan 4) Refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengalami peningkatan dalam penguasaan kosakata benda. Hasil evaluasi pada Siklus I menunjukkan bahwa peningkatan yang terjadi belum sesuai dengan kriteria yang diharapkan oleh peneliti, yaitu dengan nilai 60 untuk L, nilai 80 untuk D, dan nilai 93 untuk E. Sedangkan pada Siklus II, ketiga peserta didik mampu memperoleh nilai 80 untuk L, nilai 100 untuk E, dan nilai 93 untuk D, sehingga memenuhi kriteria peningkatan yang diharapkan dari kemampuan awal sebelum diberikan tindakan. Dengan demikian kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan metode latihan (drill) menggunakan multimedia berbasis canva dapat meningkatkan kosakata benda pada peserta didik dengan autisme kelas III di SLB C Dian Kusuma Jakarta Barat. ***** The purpose of this study is to increase the vocabulary words through a drill method using multimedia based on Canva with autism student in the third grade at SLB C Dian Kusuma, West Jakarta. The focus of this study is to improve the ability to read, pronounce, match, write, and use words in sentences. This study is a classroom action research by using Kemmis and McTaggart's research design, which involves four main components in one continuous cycle: 1) plan; 2) action; 3) observation; and 4) reflection. The data collects by using test and observation test. The results of the study showed that the students experienced an increase in their vocabulary. The results of the evaluation in Cycle I showed that the increase was not in line with the criteria expected by the researcher, with scores of 60 for L, 80 for D, and 93 for E. In the second cycle, however, all three students were able to achieve a score of 80 for L, 100 for E, and 93 for D, thus meeting the expected criteria for improvement from the initial level before the intervention. Therefore, the conclusion of this study is that the application of the drill method by using multimedia-based Canva can increase vocabulary items for autism students in the third grade at SLB C Dian Kusuma, West Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Siti Nuraini Purnamawati, M. Sp. Ed; 2). Dr. M. Arif Taboer, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Lia Wulandari .
Date Deposited: 17 Sep 2025 08:05
Last Modified: 17 Sep 2025 08:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62494

Actions (login required)

View Item View Item