STRATEGI PEMASARAN SEKOLAH SMAS ANGKASA 1 BERBASIS PENDIDIKAN MULTIKULTURAL

ZAHID UMAIR, . (2025) STRATEGI PEMASARAN SEKOLAH SMAS ANGKASA 1 BERBASIS PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji fenomena mengenai strategi pemasaran sekolah berbasis pendidikan multikultural. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemasaran berbasis pendidikan multikultural yang dilakukan oleh SMA Angkasa 1 Halim Perdanakusuma dalam menarik minat calon peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan purposive sampling untuk teknik sampel. Adapun sampel penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan Pendidik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa a) Dalam menarik minat calon peserta didik, sekolah memberdayakan semua pihak yang ada di sekolah dan menerapkan strategi 5P. b) Sekolah memperkenalkan keragaman dan berusaha dalam mengelola dan menjaga keberagaman tersebut untuk diketahui kepada masyarakat, bahwa tidak adanya diskriminasi atau pembedaan orang yang memiliki latar belakang berbeda. c) Upaya sekolah menjaga nama baiknya (branding) sekolah memberikan sosialisasi, pelatihan, serta pengarahan kepada warga sekolah agar bersama menjaga nama baik sekolah. Kata kunci: Manajemen Pendidikan, Strategi Pemasaran, Sekolah, Pendidikan Multikultural, ***** This research was conducted to examine the phenomenon of multicultural education-based school marketing strategies. The purpose of this study was to determine how SMA Angkasa 1 Halim Perdanakusuma's multicultural education-based marketing strategy attracts prospective students. This study employed a descriptive qualitative approach and employed purposive sampling. The sample consisted of the Principal, Vice Principal, and Educators. Data collection in this study utilized observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques included data reduction, data presentation, and data verification. The results of the study indicate that a) To attract prospective students, the school empowers all stakeholders and implements the 5P strategy. b) The school promotes diversity and strives to manage and maintain it, ensuring the public understands that there is no discrimination or discrimination against people with different backgrounds. c) To maintain its reputation (branding), the school provides outreach, training, and guidance to the school community to collectively safeguard the school's reputation. Keywords: Educational Management, Marketing Strategy, School, Multicultural Education.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Suryadi ; 2). Dr. Desi Rahmawati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Zahid Umair .
Date Deposited: 30 Sep 2025 07:08
Last Modified: 30 Sep 2025 07:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62587

Actions (login required)

View Item View Item