PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN SERVANT LEADERSHIP DAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DENGAN TEKNIK KUNJUNGAN KELAS TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN JOHAR BARU

PRATIKA SARI, . (2025) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN SERVANT LEADERSHIP DAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DENGAN TEKNIK KUNJUNGAN KELAS TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN JOHAR BARU. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN TEORETIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan servant leadership dan supervisi akademik kepala sekolah melalui teknik kunjungan kelas terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Johar Baru. Rendahnya hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) di Indonesia dengan nilai rata-rata nasional di bawah 50 untuk kompetensi pedagogik (47,93) dan kompetensi profesional (49,20) menunjukkan perlunya pendekatan kepemimpinan dan supervisi yang lebih efektif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik survei. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian adalah model statistik analisis korelasi Pearson dan korelasi Spearman's rho. Populasi sekaligus yang menjadi reponden dalam penelitian ini adalah115 orang guru Sekolah Dasar Negeri yang terletak di Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat. Hasil Penelitian menunjukan bahwa 1) Gaya kepemimpinan servant leadership dan supervisi akademik secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru 2)Temuan studi korelasi, yang menggunakan uji momen produk Pearson dan uji rho Spearman, menunjukkan adanya hubungan substansial antara kepemimpinan sekolah dan supervisi akademik. Koefisien korelasi sebesar 0,721. Hasil uji korelasi Pearson menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0.721 dengan nilai signifikansi < 0.001. Nilai ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan positif antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan supervisi akademik. Artinya, semakin baik gaya kepemimpinan yang diterapkan kepala sekolah, maka supervisi akademik yang dilakukan di sekolah dasar juga semakin optimal. Hubungan ini terbukti signifikan secara statistik pada taraf signifikan 0.01 (1-tailed), sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan tersebut nyata dan bukan terjadi secara kebetulan ****** This study aims to analyze the influence of servant leadership style and academic supervision by school principals through classroom visit techniques on teacher performance in public elementary schools in the Johar Baru District. The low results of the Teacher Competency Test (UKG) in Indonesia, with a national average score below 50 for pedagogical competence (47.93) and professional competence (49.20), indicate the need for more effective leadership and supervision approaches. This research uses a literature review design with a narrative approach to analyze academic literature published between 2020 and 2025. A systematic search was conducted through various academic databases using relevant keyword combinations. Data analysis was carried out using a thematic approach involving stages of coding, categorization, synthesis, and source triangulation.The results show that servant leadership style has a significant influence on teacher performance through ten core characteristics, with empathy being the most fundamental dimension. Academic supervision through classroom visit techniques proves effective in improving teacher performance when implemented with three systematic stages: pre-observation planning, observation execution, and post-observation conferencing. The integration of both variables creates a powerful synergy due to their aligned philosophies that prioritize individual development and empowerment. Servant leadership fosters a climate of trust, intrinsic motivation, and a collaborative culture, while academic supervision provides constructive feedback and support for professional development. This study contributes to the development of educational leadership theory and offers practical recommendations for school principals to enhance teacher performance through a holistic and sustainable approach.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Siti Zulaikha, S.Ag.,M.Pd. ; 2). Dr.Ir. Teguh Trianung Djoko Susanto, MM.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Pratika Sari .
Date Deposited: 01 Oct 2025 08:15
Last Modified: 01 Oct 2025 08:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62601

Actions (login required)

View Item View Item