SRI SUSANTI, . (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS (LEARNING CYCLE) DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN NATURALIS ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Eksperimen pada Anak TK Kelompok B di Jakarta Tahun 2025). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (760kB) |
![]() |
Text
BAB I .pdf Download (319kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (666kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (615kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan naturalis merupakan aspek mendasar dalam perkembangan anak, mencakup pemahaman mengenai alam dan kepekaannya terhadap lingkungan. Meskipun intervensi sejak dini telah terbukti penting, masih terdapat kekurangan pemahaman tentang bagaimana mengembangkan kemampuan naturalis anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran siklus 5E dan minat belajar terhadap kemampuan naturalis anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain treatment by level 2x2 serta rancangan posttest-only control group design. Sampel penelitian terdiri dari anak-anak kelompok B didua lembaga TK di Jakarta yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling, berdasarkan kategori minat tinggi dan rendah. Instrumen utama dalam penelitian ini berupa tes kesadaran cetak yang telah melalui proses validasi oleh para ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran siklus 5E memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan naturalis anak, dan terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar anak. Anak-anak yang belajar menggunakan model siklus 5E yang memiliki minat tinggi memperoleh skor kemampuan naturalis yang lebih tinggi dibandingkan kelompok lainnya. Lebih lanjut, anak-anak yang belajar menggunakan model siklus 5E yang memiliki minat rendah memperoleh skor kemampuan naturalis yang lebihrendah dibandingkan kelompok lainnya. Temuan ini menunjukkan betapa pentingnya pendekatan pembelajaran dan minat yang mendukung dalam mengembangkan kemampuan naturalis anak. Kata Kunci: kemampuan naturalis, model pembelajaran siklus 5E, minat belajar, anak usia dini ***** Naturalist ability is a fundamental aspect of child development, encompassing understanding of nature and sensitivity to the environment. Although early intervention has been proven to be important, there remains a lack of understanding about how to develop naturalist ability in young children. This study aims to determine the effect of the 5E learning cycle model and learning interest on the naturalist ability of children aged 5-6 years. This study employs an experimental approach with a 2x2 treatment-by-level design and a posttest-only control group design. The sample consists of children in Group B from two kindergarten institutions in Jakarta, selected using cluster random sampling based on high and low interest categories. The primary instrument in this study is a printed awareness test that has undergone validation by experts. The results of the study indicate that the 5E cycle learning model has a significant effect on improving children's naturalist abilities, and there is an interaction between the learning model and children's interest in learning. Children who learn using the 5E cycle model and have a high level of interest achieve higher naturalist ability scores than other groups. Furthermore, children who learned using the 5E cycle model and had low interest obtained lower naturalist ability scores compared to other groups. These findings highlight the importance of learning approaches and supportive interest in developing children's naturalist abilities. Keywords: naturalist ability, 5E cycle learning model, learning interest, early childhood
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Sri Wulan, M.Si. ; 2). Dr. Nurjannah, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Sri Susanti . |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 03:30 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 03:30 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62617 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |