DIVYA RISMA RESTI, . (2025) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK LAMBAN BELAJAR KELAS IX PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERSTRUKTUR (STRUCTURED INQUIRY) DI SMP MODEL AR RIYADH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (481kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (641kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (776kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (419kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi lengkung pada peserta didik lamban belajar kelas IX di SMP Model Ar Riyadh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian sebanyak 3 peserta didik lamban belajar. Penelitian ini dilaksanakan dalam kelas reguler menggunakan model pembelajaran inkuiri terstruktur dengan bantuan teman sebaya. Penelitian dilakukan dalam dua siklus menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes kinerja. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik lamban belajar pada materi bangun ruang sisi lengkung dengan model pembelajaran inkuiri terstruktur. Hal ini berdasarkan peningkatan hasil belajar peserta didik dari tahap kemampuan awal nilai rata-rata sebesar 42,67 menjadi 66,67 pada siklus I, dan nilai rata-rata menjadi 85 pada siklus II. Secara kualitatif, peningkatan ini terlihat dari perubahan sikap dan perilaku siswa yang awalnya kurang percaya diri dan acuh tak acuh, menjadi lebih aktif, percaya diri, dan komunikatif dalam proses menemukan jawaban melalui penemuan. Dengan peningkatan ini, model pembelajaran inkuiri terstruktur terbukti efektif digunakan sebagai alat pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi lengkung pada peserta didik lamban belajar. ***** This study aims to improve the learning outcomes of mathematics material on curved surfaces in slow learners ingrade IX at SMP Model Ar Riyadh. The method used in this study is Classroom Action Research, with 3 sluw learners as research subjects. The studywas conducted ina regular classroom using a structured inquiry learning model with peer assistance. The research was carried out in two cycles using data collection techniques such as observation, field notes, documentation, and performance tests. The data analysis used in this study was both quantitative and qualitative. The results of the study showed an improvement in the learning outcomes of slow learners in curved surface geometry using the structured inquiry learning model. This was based on the improvement in student learning outcomes from an initial average score of 42.67 to 66.67 in cycle I, and an average score of 85 in cycle II. Qualitatively, this improvement is evidentfrom changes in students' attitudes and behaviors, which initially lacked confidence and were indifferent, becoming more active, confident, and communicative in the process of finding answers through discovery. Withthis improvement, the structured inquiry learning model has proven effective as a learning tool to enhance mathematics learning outcomes on curved-sided three-dimensional shapes among sluw learners.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Leliana Lianty, M.Pd. ; 2). Dr. Mohammad Arif Taboer, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Divya Risma Resti . |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 08:38 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 08:38 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62677 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |