MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAKAN MENGGUNAKAN SENDOK DENGAN TEKNIK SCAFFOLDING BAGI PESERTA DIDIK DOWN SYNDROME KELAS V

IRAWATI NASUTION, . (2025) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAKAN MENGGUNAKAN SENDOK DENGAN TEKNIK SCAFFOLDING BAGI PESERTA DIDIK DOWN SYNDROME KELAS V. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
file Cover.pdf

Download (878kB)
[img] Text
File BAB I.pdf

Download (388kB)
[img] Text
File BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
File BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text
File Daftar Pustaka.pdf

Download (264kB)
[img] Text
File Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan makan menggunakan sendok pada seorang peserta didik laki-laki dengan Down syndrome kelas V di SLB Khrisna Murti Jakarta melalui teknik pembelajaran Scaffolding. Penelitian dilakukan selama 6 bulan dengan frekuensi intervensi yang tidak rutin, menyesuaikan kondisi peserta didik, diawali dengan observasi dan wawancara bersama orang tua. Metode penelitian yang digunakan adalah desain A-B-A dengan tiga tahapan: Baseline 1 (A1), Intervensi (B), dan Baseline 2 (A2). Data dikumpulkan melalui observasi langsung selama sesi pembelajaran. Pada tahap Baseline 1 (A1), skor keterampilan makan peserta didik selama tiga sesi berturutturut adalah 0 dengan nilai rata-rata 0 dari skor maksimal 27. Selama intervensi (B) yang berlangsung selama lima sesi, terjadi peningkatan skor secara bertahap, mulai dari skor 2 (nilai 7,4 %) pada sesi 1 dan 2, skor 4 (nilai 14,8 %) pada sesi 3 dan 4, hingga lonjakan signifikan menjadi skor 24 (nilai 88,8 %) pada sesi kelima. Ratarata nilai intervensi adalah 26,64 % dari skor maksimal 27. Pada tahap Baseline 2 (A2), skor tetap tinggi dengan nilai rata-rata 86,36 %, terdiri dari skor 22 (nilai 81,48 %) pada sesi pertama dan skor 24 (nilai 88,8 %) pada sesi kedua dan ketiga, yang menunjukkan keterampilan makan menggunakan sendok dapat dipertahankan meskipun intervensi dihentikan. Hasil ini menunjukkan bahwa teknik Scaffolding efektif dalam membantu peserta didik meningkatkan keterampilan makan menggunakan sendok, melalui tahap bantuan penuh hingga mandiri, serta mempertahankan kemampuan tersebut setelah intervensi dihentikan. ***** This study aims to improve the spoon-feeding skills of a male student with Down Syndrome in grade V at SLB Khrisna Murti Jakarta through the Scaffolding teaching technique. The research was conducted over six months with irregular intervention frequency, adjusted to the participant’s condition, beginning with observations and interviews with the student’s parents. The research method used was an A-B-A design consisting of three phases: Baseline 1 (A1), Intervention (B), and Baseline 2 (A2). Data were collected through direct observation during learning sessions.In the Baseline 1 phase (A1), the participant’s feeding skill scores across three sessions were consistently 0, with an average score of 0 out of a maximum 27. During the Intervention phase (B), which lasted five sessions, scores gradually increased from 4 (score 7.4 % out of 100) in sessions 1 and 2, to 8 (score 14.8 % out of 100) in sessions 3 and 4, and then sharply rose to 24 (score 88.8 % out of 100) in session 5. The average intervention score was 26.64 % out of 27. In the Baseline 2 phase (A2), the scores remained high, with an average of 86.36 % out of 100, consisting of a score of 22 (81.48 % out of 100) in session 1 and a score of 24 (88.8 % out of 100) in sessions 2 and 3, indicating that spoon-feeding skills were maintained even after the intervention ceased. These results demonstrate that the Scaffolding technique effectively aids the participant in improving spoonfeeding skills, progressing from full assistance to independence, and sustaining these skills post-intervention.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Bahrudin, M.Pd. ; 2). Dr. M. Arif Taboer, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Irawati Nasution .
Date Deposited: 17 Oct 2025 03:52
Last Modified: 17 Oct 2025 03:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62707

Actions (login required)

View Item View Item