ALFITA NAJMA NOER ARIEFIANI, . (2025) PENGARUH POLA ASUH TERHADAP KEPRIBADIAN HIKARI DALAM FILM AISHUU SHINDERERA KARYA RYOHEI WATANABE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
|
Text
COVER.pdf Download (996kB) |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (639kB) |
|
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (698kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (287kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya memahami bagaimana pola asuh orang tua berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian anak. Film Aishuu Shinderera karya Ryohei Watanabe menampilkan potret pola asuh yang berimplikasi serius terhadap perkembangan tokoh Hikari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk pola asuh yang diterapkan orang tua Hikari serta dampaknya terhadap kepribadian anak. Kajian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra dengan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui teknik baca, simak, dan catat pada adegan-adegan film yang relevan. Teori yang digunakan adalah teori pola asuh dari Al Tridhonanto (2014), teori psikologi sastra dari I Nyoman Subagia (2021), serta teori Enneagram dari Renee Baron dan Elizabeth Wagele. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat beberapa indikator pola asuh demokratis, pola asuh yang paling dominan adalah pola asuh permisif. Seluruh indikator pola asuh permisif terpenuhi, seperti kontrol rendah, tidak adanya hukuman, tidak memberi nasihat, membebaskan anak mengambil keputusan sendiri, serta kurang memperhatikan pendidikan moral. Dampak dari pola asuh tersebut terlihat jelas pada diri Hikari, yang menunjukkan 11 indikator kepribadian negatif: (1) agresif, (2) pemberontak, (3) kurang pengendalian diri, (4) suka mendominasi, (5) berbohong, (6) hidupnya tidak terarah, (7) prestasinya rendah, (8) berperilaku semaunya, (9) kurang berempati, (10) tidak menuruti aturan, dan (11) memiliki kesulitan dalam hubungan dengan teman sebaya. Berdasarkan teori Enneagram, dapat disimpulkan bahwa perilaku Hikari mencerminkan sisi negatif dari tipe kepribadian 8 (Pejuang) dan tipe 7 (Petualang). Sisi negatif tipe 8 tercermin dari sikap agresif, pemberontak, berperilaku semaunya, dan mengabaikan perasaan orang lain. Sedangkan sisi negatif tipe 7 tampak pada perilaku berbohong, hidup tidak terarah, serta kurangnya pengendalian diri. Kedua tipe ini menegaskan bahwa pola asuh permisif yang minim arahan, struktur, dan batasan berkontribusi besar terhadap pembentukan kepribadian negatif Hikari. Kata kunci: Pola asuh, kepribadian anak, Enneagram, psikologi sastra, Aishuu Shinderera ***** ABSTRACT This study is grounded in the importance of understanding how parenting styles affect the formation of a child’s personality. The movie Aishuu Shinderera by Ryohei Watanabe presents a depiction of parenting that has serious implications for the development of the character Hikari. This research aims to analyze the parenting style applied by Hikari’s parents and its impact on the child’s personality. The study applies a literary psychology approach with a descriptive qualitative method. Data were collected through reading, observing, and note-taking techniques from relevant film scenes. The theories used are Al Tridhonanto’s parenting theory (2014), I Nyoman Subagia’s literary psychology theory (2021), and the Enneagram personality typology by Renee Baron and Elizabeth Wagele. The findings reveal that although some democratic parenting indicators are present, the most dominant style is permissive parenting. All indicators of permissive parenting are fulfilled, including low control, absence of punishment, lack of advice, granting freedom in decision-making, and neglect of moral education. The impacts on Hikari manifest in eleven negative traits: (1) aggressive, (2) rebellious, (3) lack of self-control, (4) domineering, (5) dishonest, (6) directionless life, (7) low achievement, (8) self-indulgent behavior, (9) lack of empathy, (10) disobedience, and (11) difficulty in peer relationships. Furthermore, based on the Enneagram theory, Hikari’s personality reflects the negative sides of Type 8 (The Challenger) and Type 7 (The Enthusiast). The negative traits of Type 8 are seen in aggressive, rebellious, and domineering behavior, as well as ignoring others’ feelings. The negative traits of Type 7 appear in dishonesty, lack of direction, and poor self-control. These findings highlight how permissive parenting, with minimal structure and boundaries, significantly contributes to Hikari’s negative personality development. Keywords: Parenting, child personality, Enneagram, literary psychology, Aishuu Shinderera
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Additional Information: | 1.) Viana Meilani Prasetio, S.S., M.Pd. ; 2.) Muhammad Ali Hamdi, M.Pd. |
| Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan |
| Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang |
| Depositing User: | Alfita Najma Noer Ariefiani . |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 03:39 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 03:39 |
| URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62871 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
