METODE BERMAIN PERAN SEBAGAI RUANG SOSIALISASI DAN PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL (Studi Kasus: Kegiatan Bermain Peran di Taman Kanak-Kanak Keliling KSPA Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara)

Akrima Dewi, . (2016) METODE BERMAIN PERAN SEBAGAI RUANG SOSIALISASI DAN PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL (Studi Kasus: Kegiatan Bermain Peran di Taman Kanak-Kanak Keliling KSPA Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (7kB)
[img] Text
ABSTRAK-DAFTAR ISI.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB 2 BAGIAN 2.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (761kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (576kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (136kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pola sosialisasi pada siswa TK Keliling KSPA Warakas dengan fokus kajian kecerdasan interpersonal siswa melalui kegiatan bermain peran. Pola sosialisasi pada kegiatan bermain peran ini dapat dilihat melalui tiga kegiatan bermain peran, seperti halnya kegiatan „Bermain Peran Penjual dan Pembeli Pecel‟, „Tanda Akan Turun Hujan‟, serta „Penjual dan Pembeli Kue‟. Latar belakang dari penelitian ini tak lain dikarenakan pentingnya kecerdasan interpersonal anak usia TK yang akan berdampak pada kepribadian dan sosialisasi anak di kehidupan selanjutnya. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui proses sosialisasi serta bentuk kecerdasan interpersonal siswa TKKeliling KSPA Warakasselama kegiatan bermain peran berlangsung. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik yang digunakan peneliti dalam mengolah data seperti halnya observasi, wawancara mendalam, serta studi pustaka. Subjek penelitian ini terdiri dari 15 siswa TK Keliling KSPA Warakas. Adapun informan kunci dalam penelitian ini adalah guru TK Keliling KSPA Warakas, anggota KSPA UNJ, orang tua, serta Ketua RW yang juga ikut andil dalam pembangunan TK Keliling KSPA Warakas.Teknik validitas data menggunakan teknik triangulasi. Tahapan pertama, peneliti melakukan kroscek data kepada pihak guru dan anggota KSPA UNJ. Tahap kedua, peneliti melakukan cek dan ricek kepada ketua RW setempat. Tahap Ketiga, peneliti menggunakan studi dokumen berupa Kartu Hasil Belajar Siswa dan Diagram Penilaian Anak yang telah disusun oleh guru TK Keliling KSPA Warakas. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa metode kegiatan bermain peran memiliki andil dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa. Kegiatan bermain peran ini merupakan bentuk aplikasi dari prinsip PAUD: „belajar sambil bermain serta bermain seraya belajar‟. Kecerdasan interpersonal yang tampak mendominasi dalam kegiatan bermain peran ini jika diperhatikan secara seksama, merupakan hasil perpaduan kecerdasan-kecerdasan lainnya seperti kecerdasan kinestetik dan verbal. Rangkaian kecerdasan interpersonal dalam bermain peran ini pada akhirnya akan membentuk pola sosialisasi dalam kegiatan belajar-mengajar di sekolah. Melalui konsep sosialisasi Mead, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa siswa di TK Keliling KSPA Warakas pada umumnya memasuki tahap game stage. Namun ada pula siswa yang dilihat dari ciri-ciri Mead, masih berada dalam tahap play stage

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ubedillah Badrun, M.Si ; 2). Yuanita Aprilandini, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: hartati tati
Date Deposited: 25 Oct 2019 14:56
Last Modified: 25 Oct 2019 14:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/631

Actions (login required)

View Item View Item